Artikel

Materi: Flutter VS Native

    Dibaca 529 kali Materi Pembelajaran flutter

 

Penulis: Novrylianto Zundi Ramadhan

Editor dan Penerbit: Nur Amaliyah Abdillah Putri

 

Halo rekan-rekan mahasiswa!

Apa kabar kalian? semoga selalu sehat yaa. Kali ini kita akan membahas lagi tentang pembahasan lebih lanjut dari materi Flutter nih teman-teman.

 

Setelah kita mengetahui sejarah, kerangka dasar dan cara kerja dari Flutter. Apakah teman-teman masih ragu untuk beranjak mempelajarinya?

 

Oh ya, bagi kalian yang belum membaca atau ingin mengingat kembali materi Flutter sebelumnya bisa langsung klik link di bawah ya: Pengenalan dan Cara Kerja Flutter

 

Nah sekarang kita akan langsung masuk ke materinya yaitu membahas berbagai kelebihan Flutter dibanding platform Native. Sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu Native?

 

Native adalah suatu aplikasi mobile yang dibentuk khusus untuk sistem operasi tertentu, seperti Android atau iOS. Sehingga untuk mengembangkan aplikasi native, diperlukan untuk menguasai berbagai bahasa pemrograman. 

 

Perbandingan antara Flutter dan Native:

tbl_flt_ntv

 

Berikut ini kelebihan yang dimiliki Flutter dibanding platform Native:

1. Pengembangan Aplikasi Lebih Mudah dan Cepat

Flutter menyediakan fitur-fitur yang membantu proses pengembangan jadi lebih mudah dan cepat.  Saat ini, banyak perusahaan startup yang menggunakan Flutter dalam mengembangkan aplikasi berkat banyaknya fitur maupun library yang disediakan oleh Google maupun kontributor lainnya sehingga makin mempercepat pengembangan aplikasi dibanding platform native. Ini juga berdampak makin banyaknya lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pelamar untuk menguasai Flutter dalam mengembangkan aplikasi mobile.  

Gambar aplikasi yang menggunakan Flutter

 

2. Fitur Hot Reload

Flutter memiliki Fitur Hot Reload. Singkatnya fitur ini akan menampilkan hasil coding dengan sekejap. Jadi, kita bisa bereksperimen menambahkan fitur dan memperbaiki bug lebih cepat.

Sumber: Gambar gif penggunanaan hot reload

 

3. Custom User Interface yang Menarik

Selain memudahkan developer memuat aplikasi, Flutter juga menawarkan tampilan user interface aplikasi yang menarik. Kita bisa memanfaatkan koleksi widget untuk tampilan aplikasi, seperti layout, navigasi, animasi, style tema, font, hingga pengaturan tampilan scrolling. Flutter menyediakan user interface widgets yang dikembangkan oleh Google dengan sangat variatif. Widget ini bisa kita kustomisasi dengan sesuai keinginan.

 

Sedangkan Native apps dikembangkan dengan mengikuti panduan teknis dan pengalaman pengguna dari tiap sistem operasi. Antarmuka dan interaksi aplikasi akan memiliki tampilan dan nuansa yang konsisten.

 

Sumber: Gambar gif scrolling list view

 

4. Performa Tidak Kalah dengan Aplikasi Native

Walaupun aplikasi Flutter bersifat multiplatform, performa aplikasi yang dihasilkan tak kalah dari aplikasi native. Sebab, flutter mengkombinasikan kode aplikasi native dan mesin render yang canggih. Hasilnya, aplikasi tetap bisa ditampilkan dengan baik di berbagai platform. 

 

Tak hanya tampilan desain yang tetap menarik, performa untuk transisi, scrolling, loading data pun tetap optimal di segala platform. Dengan performa yang terjaga, user experience pengguna aplikasi juga bisa meningkat. 

 

Contohnya Toyota, salah satu pembuat mobil terlaris di dunia ingin menghadirkan pengalaman digital terbaik untuk kendaraan dengan membangun infotainment system  yang ada dalam mobil mereka yang berbasis perangkat tanam (embedded device) dan didukung oleh Flutter. 

 

5. Tersedia di berbagai pilihan Text Editor atau IDE (Integrated Development Environment)

Tidak seperti native Android yang mewajibkan kita menggunakan menggunakan Software Android Studio, dalam mengembangkan aplikasi menggunakan Flutter kita juga bisa memilih Text Editor lainnya seperti VS Code.

 

6. Dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang aktif

Kita bisa membuka dokumentasinya melalui situs resmi Flutter. Selain itu Flutter melalui kanal resmi mereka di Youtube juga sering membagikan tips dan trik supaya membantu programmer yang kebingungan dalam membuat aplikasi. Kita juga bisa bergabung di komunitas untuk berdiskusi dengan sesama pengguna Flutter, baik secara daring seperti mengikuti berbagai webinar atau bergabung dalam grup yang tersebar di berbagai media sosial, ataupun luring seperti mengikuti berbagai workshop maupun seminar yang diadakan berbagai pihak, terutama dari Google sendiri. 

 

Demikian pembahasan artikel mengenai Flutter ini, semoga bermanfaat bagi teman - teman terutama bagi kalian yang ingin mencoba atau sedang mengambil peminatan aplikasi mobile di semester 5. Tetap semangat kuliahnya teman-teman! Terima kasih.

 

#SALAMPERUBAHAN

#BERSAMAKITABERSINERGI

 

Sumber dan Bahan Bacaan:

 

https://flutter.dev/showcase/toyota

https://github.com/toyota-connected/ivi-homescreen 

https://medium.com/podiihq/understanding-hot-reload-in-flutter-2dc28b317036

https://flutter-developer.medium.com/flutter-listview-sort-animation-24ced3904199

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWAkademik HimasisAktivasiaktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCyber SecurityCYBER SECURITYdasar algoritmadasar jaringanData DiriDatabasedatabasedehidrasidockerDownloaddownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmaflutterfolder projectFrameworkFront EndFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubHIMASIS himasishtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installinstallInstalliterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibrarymachine learningMading HimasismagentamakananmakrabMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023Periode 2023-2024phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRFIDRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur OrganisasiStudy Clubstudy clubTableTableauTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTrikTutorialtutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube