Artikel

Materi: Pengenalan dan Cara Kerja Flutter

    Dibaca 146 kali Sistem Informasi himasis Artikel Materi Pembelajaran flutter

Penulis: Novrylianto Zundi Ramadhan

Editor dan Penerbit: Nur Amaliyah Abdillah P


Halo rekan-rekan mahasiswa!

Bagaimana kabar kalian? Semoga di awal tahun ini tetap sehat dan selalu bersemangat yaa.

Kali ini kita akan membahas materi pembelajaran yang baru lagi nih teman-teman.

 

Sebelumnya, pernahkah kalian mencoba berbagai hal seputar dunia pemrograman seperti merancang database, website, hingga aplikasi mobile?

Nah, untuk teman yang ingin belajar seputar aplikasi mobile udah pernah dengar tentang Flutter belum sih?

 

Jadi, apasih flutter itu?

Flutter adalah framework yang digunakan para programmer untuk membuat aplikasi multiplatform hanya dengan satu basis coding (codebase). Artinya, aplikasi yang dihasilkan dapat dipakai di berbagai platform, baik mobile Android, iOS, web, desktop, bahkan yang terbaru bisa juga dikembangkan dalam perangkat tanam atau embedded.

gambar_device_flutter

Berdasarkan sejarah framework ini merupakan buatan Google serta mulai dikembangkan dengan nama Sky. Kala itu, Flutter pertama kali diperkenalkan pada acara Dart Developer Summit tahun 2015. Pada tanggal 4 Desember 2018, Google merilis Flutter 1.0 di acara Flutter Live Event. Hal ini juga menandai rilisnya versi stabil pertama dari Flutter. Sejak saat itu, platform ini menjadi populer dan banyak diperbincangkan di kalangan para programmer.

 

Flutter memiliki dua komponen penting, yaitu:

  1. Software Development Kit (SDK). Merupakan sekumpulan tools yang berfungsi untuk membuat aplikasi supaya bisa dijalankan di berbagai platform.
  2. Framework User Interface. merupakan komponen UI, seperti teks, tombol, navigasi, dan lainnya, yang dapat kita kustomisasi sesuai kebutuhan.

Flutter juga merupakan framework yang gratis dan open source. Jika teman-teman ingin menggunakan Flutter, kita perlu mempelajari bahasa pemrograman Dart.

 

Dart sendiri merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google yang bersifat general purpose, dalam artian bahasa ini cocok digunakan untuk pengembangan Front-end, Back-end, IOT, game, dan lainnya. Apakah sulit mempelajari bahasa ini? jika sebelumnya sudah mempelajari bahasa pemrograman lain seperti Java, JavaScript, atau Python maka seharusnya tidak terlalu sulit untuk beradaptasi menggunakan Dart.

 

Cara Kerja Flutter

Dalam membuat suatu aplikasi, bagaimana sih cara kerja dari Flutter itu? perlu diketahui bahwasanya kita membuat satu codebase yang selanjutnya akan 'diterjemahkan' oleh compiler menjadi kode native di perangkat yang menjadi tujuan. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

  1. Programmer mengembangkan aplikasi dengan kode Dart dan widget yang telah disediakan di framework Flutter.
  2. Jika di Android, kode yang ditulis akan dikompilasi dengan mesin C++ menggunakan Android NDK (Native Development Kit). Jika di iOS, kode akan dikompilasi dengan mesin dikompilasi dengan LLVM (Low-Level Virtual Machine). 
  3. Untuk Android, kode native akan dikompilasi lagi dengan Dart compiler.
  4. Setelah kode disesuaikan dengan masing-masing perangkat, aplikasi bisa dijalankan di berbagai platform. 

 

Gambar kerangka kerja dari flutter

kerangkakerja_flutter

Sumber: https://docs.flutter.dev/resources/architectural-overview

 

Demikian artikel mengenai Flutter ini, semoga bermanfaat bagi teman - teman terutama bagi yang ingin menjajal atau sedang mengambil peminatan aplikasi mobile di semester 5. Tetap semangat kuliahnya teman-teman! See you di artikel selanjutnya cool

 

#SALAMPERUBAHAN

#BERSAMAKITABERSINERGI

 

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWAktivasiaktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCYBER SECURITYCyber Securitydasar algoritmadasar jaringanData DiriDatabasedatabasedehidrasidockerdownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmaflutterfolder projectFrameworkFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubHIMASIS himasishtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installInstallinstalliterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibraryMading HimasismagentamakananmakrabMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTableTableauTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTriktutorialTutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube