Artikel

Materi: Mengenal Apa itu Docker?

    Dibaca 188 kali Artikel Materi Pembelajaran docker container

Penulis: Yunita Eka

Editor dan Penerbit: Nur Amaliyah Abdillah P

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo teman-teman Himasis! Apa kabar nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Apa itu Docker?

Yuk langsung simak artikelnya!

 

Docker adalah platform atau proyek opensource yang berguna untuk mengembangkan, mengirim, mengelola, dan menyatukan berbagai file software dan pendukungnya dalam suatu container sehingga dapat memudahkan dan mempercepat proses pengembangan perangkat lunak (Software). Docker akan membangun container berdasarkan gambar yang berisi kode program.

Lalu, apa kegunaan Container pada Docker?

Container adalah sebuah wadah yang mengemas seluruh keperluan yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi, seperti system tools, library, code, runtime, dan konfigurasi. Setiap container akan berbagi package tersebut dari satu Operating System (OS) yang mendasarinya.

 

Dalam pengembangan perangkat lunak (Software), para developer memerlukan container ketika  menggunakan virtualisasi yang harus menyiapkan satu Operating System (OS) secara penuh dan resource yang besar. Maka dari itu, penggunaan container dapat memudahkan developer sehingga tidak perlu menyiapkan Operating System (OS) secara penuh serta ukuran file akan menjadi lebih kecil daripada virtualisasi yang biasa digunakan.

 

Bagaimana cara kerja Docker?

Docker yang merupakan sistem operasi untuk container harus diinstal terlebih dahulu di setiap server. Kemudian docker akan memberikan perintah sederhana yang dapat digunakan untuk mengelola container.

Setelah mengetahui definisi docker dan container kalian harus tau nih, kelebihan yang didapatkan dari penggunaan docker dalam pengembangan perangkat lunak.

 

1. Konfigurasi yang Sederhana

Docker memiliki konfigurasi yang sederhana. Hal ini mampu disesuaikan oleh kebutuhan aplikasi yang sedang dikembankan. Selain itu, docker tidak memiliki overhead sehingga tidak memerlukan konfigurasi tambahan.

 

2. Memudahkan Pengembangan Perangkat Lunak

Dengan menggunakan docker, proses pengembangan perangkat lunak akan jauh lebih mudah. Docker dapat menghemat resource dan dapat dijalankan di perangkat apapun.

 

3. Menstandarkan Operasi

Docker merupakan aplikasi dalam kemasan kecil. Dengan kemudahan dalam penerapannya, maka docker mampu menstandarkan operasi.

 

4. Memiliki Tingkat Keamanan yang Baik

Tingkat keamanan pada docker sudah cukup baik. Ketika aplikasi sedang berjalan, docker akan memastikan aplikasi tersebut tidak memengaruhi ataupun mengganggu container. Docker juga memiliki fitur keamanan dengan akses read-only sehingga konfigurasi tidak dapat diubah tanpa akses yang penuh.

 

5. Mampu Melakukan Debugging

Docker mampu melakukan debugging dengan waktu yang tergolong cepat.

 

Nah, teman-teman kita telah sampai ke akhir dari pembahasan materi pengenalan docker. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca yaa. Sekian, terima kasih. Sampai jumpa di artikel selanjutnyawink

 

#SALAMPERUBAHAN

#BERSAMAKITABERSINERGI

 

Sumber

https://www.techtarget.com/searchitoperations/definition/Docker

https://www.niagahoster.co.id/blog/docker-tutorial/

https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-docker/

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWaktivasiAktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCYBER SECURITYCyber Securitydasar algoritmadasar jaringanData DiridatabaseDatabasedehidrasidockerdownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmafolder projectFrameworkFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubhimasisHIMASIS htmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installinstallInstalliterationjadwal imsakiyahJAKARTAJakartajaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibraryMading HimasismagentamakananmakrabMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTableTableauTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTrikTutorialtutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube