Artikel

Materi: SSL Sebagai Keamanan Website

    Dibaca 815 kali Informasi Sistem Informasi himasis web Security Artikel SSL Website

Creator : Daefri Rosma Zelita dan Yunita Eka Susanti

Editor and Publisher : Azka Najiha

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hallo. Apa kabar teman teman semuanya? Semoga sehat selalu ya. Mau tau ga teman – teman? Himasis ngerilis artikel lagi lohh…Kali ini kita mau ajak kalian buat memahami, Apa sih penting nya SSL sebagai keamanan website? Penasaran kan? yukk cuuz silahkan dibaca teman teman.

 

Sebelum memulai memahami apa itu SSL, kita mau ngasih tau nih dasarnya mengenai keamanan SI.

  1. Keamanan SI itu buat apa sih?

Keamanan sistem informasi guna bertujuan untuk melindungi asset yang dimiliki seseorang dari serangan ancaman orang lain yang tidak bertanggung jawab. Apa saja ancaman tersebut? ancaman tersebut dapat berupa Hacking , Cracking dan lainnya. Ancaman ini lah yang dapat meresahkan para pesaing bisnis terutama dibidang programing.

Nah jadi seperti itu teman - teman mengenai dasarnya. Lanjut yuk…Kita akan membahas mengenai Secure Sockets Layer (SSL).

  1. Apa itu Secure Sockets Layer (SSL)?

SSL (secure sockets layer) atau yang disebut Standar teknologi keamanan web digunakan untuk melindungi data dan keamanan dari setiap pengunjung. SSL dibutuhkan oleh website yang melibatkan lalu lintas layanan data penting seperti E -Commerce, Layanan Perbankan, Email Service serta Database Based website.

  1. Bagaimana cara mengetahui website tersebut dilengkapi SSL?

Adanya protocol https di url dan icon gembok yang berwarna hijau. Sistem keamanan ini sudah banyak digunakan bagi pemilik website dan menjadi tanda bagi pemilik website dimana kita akan melakukan transaksi online secara aman. Hal ini mempengaruhi seluruh transmisi data antara web server dan browser yang akan terenkripsi, jadi bagi anda yang akan memasukan data penting harus di perhatikan mengenai apakah laman tersebut di lengkapi SSL atau tidak. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mudah saja cobalah cek akses dan website kalian dengan protocol seperti berikut:

 

Akses website  SSL Server Test (Powered by Qualys SSL Labs)

 

Lalu copy paste alamat website yang akan di cek, misalnya website himasis “Himasis Politeknik STMI Jakarta

 

Setelah itu klik submit. Jika halaman muncul dengan tampilan seperti dibawah ini, maka alamat website tersebut sudah dilengkapi dengan sertifikat SSL.

 

Dan beberapa sertifikat yang tertera dibawah ini.

 

Jika alamat website yang dilengkapi SSL namun belum ada icon gembok nya seperti ini.

 

 

Kita  bisa melakukan set up secara manual. Caranya gampang, kalian tinggal gunakan layanan yang ada di website sslforfree dan ikuti intruksi nya maka secara otomatis layanan hosting Anda yang semula tidak mendukung Auto SSL otomatis layanan hosting Anda sudah dilengkapi SSL.

 

SSL For Free memungkinkan dalam pembuatan SSL dari Lets Encrypt Non Profit CA.

Namun semua nya terarah kepada SSL pada tahun 2014 Google mengumumkan ingin memberikan rank yang lebih pada website yang dilengkapi dengan SSL karena Google lebih suka mengindex laman https ketimbang http dan memunculkannya di SERP (Search Engine Result Page). Maka dari itu layanan domain dan hosting beramai - ramai menjadikan dan memberikan penanda serta peringatan yang semakin jelas.Beruntungnya  Cpanel yang jamak digunakan para pemilik website atau blog biasanya telah dilengkapi dengan layanan SSL bernama Auto SSL yang secara otomatis memberikan sertificate dan memperbarui nya setiap tiga bulan sekali. Sebenarnya dengan para pengguna Cpanel tidak harus memikirkan SSL kecuali ingin melakukan migrasi dari VPS ke hosting lain yang tidak menyediakan fitur Auto SSL serta ingin menggunakan blog atau website menjadi sepenuhnya SSL.

 

Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi teman – teman semuanya. Terimakasih yang sudah membaca. Jangan lupa nantikan artikel selanjutnya ya! Sampai jumpa…

 

Sumber : 

SSL Server Test (Powered by Qualys SSL Labs)

https://www.sslforfree.com

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWaktivasiAktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCYBER SECURITYCyber Securitydasar algoritmadasar jaringanData DiridatabaseDatabasedehidrasidownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmafolder projectFrameworkFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubHIMASIS himasishtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS Installinstallinstalliterationjadwal imsakiyahJAKARTAJakartajaringanjaringanjaringan komputerjavaJavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibraryMading HimasismagentamakananmakrabMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTableTableauTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTrikTutorialTutorialtutorialtutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube