Artikel

Fakta Unik ”Hello World!” dalam Pemrograman

Penulis : Queen Sarah Mutiara Sihotang
Editor Cover dan Teks : Theresia Artha Grazia

 

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Halo kawan-kawan HIMASIS!

 

Buah sawo kulitnya tipis. Bijinya dipecah memakai palu.
Apa kabar sobat HIMASIS. Moga sehat menyertai selalu!

 

Artikel HIMASIS kembali update lho! Sesuai dengan judul artikel ini, maka kali ini akan membahas tentang beberapa fakta unik terkait "Hello, World!" dalam Pemrograman. Sebelumnya bagi kalian yang baru pertama kali belajar pemrograman terutama pada masa awal-awal semester 2 ini, pernah bertanya-tanya ga sih kenapa harus kata "Hello, World!" yang muncul kalo kita baru mulai belajar pemrograman? 

 

Apa itu "Hello World!" dalam Pemrograman?
"Hello, World!" adalah frase yang menjadi tradisi dalam pengembangan perangkat lunak untuk menunjukkan kepada pemrogram pemula bagaimana cara menampilkan teks sederhana di layar atau output perangkat. Frase ini sering digunakan sebagai contoh program paling sederhana yang mungkin dalam berbagai bahasa pemrograma.

 

Berikut ini salah satu contoh program "Hello, World!" dalam bahasa C yang sering kita temukan:


Nah dari contoh tersebut menggambarkan program yang sederhana dan hanya mencetak teks "Hello, World!" ke layar. Meskipun program ini tampak sangat dasar, hal itu membantu pengguna memahami bagaimana struktur dasar program bekerja dalam bahasa pemrograman tertentu, serta cara menampilkan pesan atau output ke pengguna. Nah itulah kenapa "Hello, World!" sering kali menjadi program pertama yang diajarkan kepada pemula dalam belajar pemrograman. Ini karena program sederhana ini memperkenalkan konsep dasar seperti input atau  output dan sintaks dasar bahasa pemrograman.

 

Sejarah "Hello World!" dalam Pemrograman
Asal usulnya bisa ditelusuri kembali ke buku tutorial bahasa pemrograman "The C Programming Language" karya Brian Kernighan dan Dennis Ritchie, yang diterbitkan pada tahun 1978. Di buku tersebut, program "Hello, World!" digunakan sebagai contoh pertama yang diperkenalkan kepada pembaca untuk memahami dasar-dasar bahasa pemrograman C. Program "Hello, World!" kemudian menjadi sangat populer dan diadopsi dalam banyak buku dan tutorial pemrograman di berbagai bahasa pemrograman. Seiring waktu, frase ini menjadi semacam "ritual" dalam komunitas pemrograman, sering kali dianggap sebagai langkah pertama yang diambil oleh pemula dalam mempelajari bahasa pemrograman baru.


Fakta Unik "Hello World!" dalam Pemrograman
Sebagai fakta unik tambahan nih, tahu ga sih kalau setiap tahun, pada tanggal 15 Februari, komunitas pemrograman merayakan "Hello, World!" sebagai Hari "Hello, World!". Pada hari itu, maka pengembang dari seluruh dunia merayakan kontribusi kecil ini pada dunia pemrograman. Meskipun terlihat sederhana, "Hello, World!" memiliki makna yang mendalam dalam sejarah dan pengembangan pemrograman komputer lho! Dari tutorial pemula hingga pengujian sistem, frasa ini adalah simbol yang merayakan kesuksesan pengembang dalam menjalankan kode mereka.

 

Frase "Hello, World!" telah diadopsi dalam berbagai bahasa pemrograman. Meskipun setiap bahasa memiliki sintaks yang berbeda, konsepnya tetap sama: mencetak teks sederhana ke output. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan versi "Hello, World!" dalam bahasa pemrograman seperti Python, Java, JavaScript, dan banyak lagi. Karena “Hello World” sangat sederhana sehingga sangat menguntungkan bagi pemula untuk memahami struktur dasar dan sintaks dari bahasa pemrograman tanpa terbebani dengan kompleksitas algoritma atau logika pemrograman.

 

Dengan demikian, meskipun tampak sederhana, "Hello, World!" memiliki peran yang cukup signifikan dalam dunia pemrograman. Frase ini tidak hanya mengajarkan konsep dasar pemrograman, tetapi juga merangkul warisan panjang dari evolusi bahasa pemrograman dan komunitas pemrograman secara keseluruhan. 

 

Sekian pembahasan artikel mengenai beberapa fakta unik "Hello World!" dalam pemrograman. Kiranya artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca yaa, terima kasih.

 

#SALAMPERUBAHAN
#BERSATUDALAMMANFAAT

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWAkademik HimasisaktivasiAktivasialgoritmaalgoritmaalgoritma pemrogramanangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitaBig-Datablockchainbossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCyber SecurityCYBER SECURITYdasar algoritmadasar jaringandataData DiridatabaseDatabasedehidrasidockerdownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsfakta Figmaflowchartflutterfolder projectFrameworkFront EndFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubhello worldHIMASIS himasishimasis artikelhtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installinstallInstalliterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkarakteristikkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekonsep cbdckrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibrarymachine learningMading HimasismagentamakananmakrabManfaat big dataMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmobil pintarmongoDBmudikmudik amanmvcnavigasi mobil pintarnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023Periode 2023-2024Periode 2024 - 2025perkembanganphpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI potensi blockchainProsedurproses bisnispseudecodepuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRFIDRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttacksejarahselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisensor mobil pintarsequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubStudy ClubTableTableauTechnopreneurshipteknologiteknologi informasiteknologi informasiterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTriktutorialTutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube