Artikel

Materi: Mengenal Apa Itu Full Stack Developer?

Creator: Caca Amatul Firdausya dan Nur Amaliyah Abdillah Putri

Editor and Publisher: Nur Amaliyah Abdillah Putri

 

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Halo teman - teman! Apa kabar? semoga selalu dalam keadaan sehat ya. 

Artikel ini merupakan artikel akademik pertama pada periode 2022/2023. Pada artikel ini kami akan membahas tentang Full Stack Developer. Yuk langsung simak artikelnya!

 

Full Stack Developer merupakan pengembang web yang bekerja dengan Front-End dan Back-End web atau aplikasi yang berarti dapat menangani proyek yang melibatkan basis data, API, membangun situs web yang menghadap pengguna, dan bekerja dengan klien selama fase perencanaan proyek yang bekerja server side dan client side. Biasanya, beberapa perusahaan membagi dua sisi ini ke dalam dua peran yang berbeda, server side dikerjakan oleh Back-End dan client side oleh Front-End.

 

Berikut empat tanggung jawab dari seorang Full Stack Developer, antara lain:

  1. Membangun aplikasi atau situs

Merancang dan membuat aplikasi atau situs secara keseluruhan. Biasanya, kerjanya dimulai dari prototipe yang dibuat oleh UX Designer dan UI Designer. Setelah desain dibuat akan mulai merancang penampilan aplikasi atau situs. Apabila penampilan dirasa sudah memenuhi apa yang diinginkan akan melanjutkannya dengan membangun mesin atau server side.

  1. Memastikan aplikasi atau situs bekerja dengan optimal

Seorang Full Stack Developer tidak bisa beralasan tidak mampu membuat aplikasi atau situs hanya karena dibangun oleh satu orang. Membangun aplikasi atau situs tidak hanya sekadar memastikan agar saat digunakan tidak lambat. Namun, juga harus memastikan agar aplikasi atau situs yang dibangun mampu bekerja sesuai apa yang diinstruksikan oleh pengguna. Selain itu, produk yang dihasilkan juga harus tampil responsif saat digunakan di medium yang berbeda.

  1. Terlibat dalam rencana pembuatan 

Full Stack Developer tidak hanya bekerja apabila ada permintaan terkait pembuatan aplikasi atau situs saja. Di beberapa perusahaan, posisi ini juga dilibatkan dalam perencanaan agar mengetahui seberapa besar bobot pembuatan sebuah aplikasi atau situs. Dengan terlibat dalam rencana pembuatan, maka akan memberikan saran bagi tim produk atau desain untuk mempertimbangkan banyak hal. Contohnya, soal fitur yang tidak penting karena akan mengganggu performa hingga penarikan data yang berjumlah besar.

  1. Merancang dan membangun API

Bertanggung jawab atas server side, maka Full Stack Developer dituntut untuk mengetahui dasar-dasar API (Application Programming Interface). API ialah solusi software untuk interaksi tanpa antara beberapa aplikasi yang dibuat dengan tujuan membantu developer untuk berinteraksi dengan aplikasi yang lebih efisien. 

 

Lalu, apa aja sih tugas dasar dari seorang Full Stack Developer?

  1. Menguasai pemrograman Front-End

Menguasai beberapa teknologi yang kerap jadi fokus posisi Front-End seperti HTML5, CSS3, dan JavaScript. HTML dan CSS adalah salah satu ilmu dasar yang penting untuk dimiliki oleh orang yang akan mengambil bidang ini sebagai dasar untuk dapat menciptakan penampilan sebuah aplikasi atau situs. Begitu pula dengan JavaScript yang merupakan bahasa terpopuler di internet dan tidak hanya digunakan pada Front-End tetapi juga Back-End.

  1. Menguasai pemrograman Back-End

Menjadi seorang Full Stack Developer dibutuhkan kemampuan dan keahlian di bidang Back-End terutama bahasa pemrograman yang akan sering digunakan seperti Java, PHP, Python, Ruby, dan sebagainya. Selain itu, framework yang saat ini banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi. Menguasai bidang Back-End membutuhkan logika berpikir yang kritis untuk memecahkan banyak permasalahan yang ada serta algoritma program.

  1. Memahami proses manajemen database

Setiap aplikasi atau situs membutuhkan database untuk melakukan penyimpanan data. Seorang Full Stack Developer diharuskan untuk memiliki setidaknya satu atau dua kemampuan mengelola database. Saat ini, beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan adalah SQL, MongoDB, Redis, Oracle, SQLServer, dan sebagainya.

 

Demikian pembahasan tentang Full Stack Developer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah berkunjung! 

 

#SALAMPERUBAHAN 

#BERSAMAKITABERSINERGI 

 

Sumber:

https://skillcrush.com/blog/front-end-back-end-full-stack/#full

https://www.sekawanmedia.co.id/full-stack-developer/

https://glints.com/id/lowongan/peran-full-stack-developer/#.YSzFXt8xVrQ

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWaktivasiAktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCYBER SECURITYCyber Securitydasar algoritmadasar jaringanData DiridatabaseDatabasedehidrasidownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmafolder projectFrameworkFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubHIMASIS himasishtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS Installinstallinstalliterationjadwal imsakiyahJAKARTAJakartajaringanjaringanjaringan komputerjavaJavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibraryMading HimasismagentamakananmakrabMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTableTableauTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTrikTutorialTutorialtutorialtutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube