Artikel

Materi: Mengenal Big Data dan Manfaatnya di dalam Perusahaan

Penulis : Hadi Ferdiansyah

Editor Cover dan Teks : Queen Sarah Mutiara Sihotang dan Dicky Bhaktiar Riyanto

 

Asalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh. Halo teman teman HIMASIS! Gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat Amin. Himasis Punya artikel terbaru lagi nih yang buat anak magang himasis lohh! Artikel kali ini berjudul Mengenal Big Data dan Manfaatnya di dalam Perusahaan. Temen temen udah tau big data itu belum? sebelum kita mengenal lebih lanjut tentang big data, alangkah baiknya kita mengenal apa itu data terlebih dahulu yuk.

 

Apa itu data?

Data adalah sekumpulan informasi yang terdiri dari beberapa fakta yang dapat berbentuk angka, kata-kata, atau simbol-simbol tertentu. Ia dapat dikumpulkan lewat proses pencarian ataupun pengamatan menggunakan pendekatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu. Nah setelah kita mengetahui apa itu data, selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut tentang big data yang menjadi topik utama kita kali ini.

 

Big Data

Jadi, Big Data adalah sekumpulan data yang memiliki volume yang besar dan terdiri dari data yang terstruktur,semi struktur dan tidak terstruktur, biasanya digunakan untuk mendukung bisnis di segala bidang. Big Data juga bisa diartikan sebagai evolusi dari sistem database pada umumnya. Selain itu, Big Data juga mempunyai karakteristik dasar yang terdiri dari :

1. Volume

Tentu saja,Big Data seperti namanya, melibatkan data dalam jumlah yang sangat besar. Alasan mengapa data dalam jumlah besar menjadi identik dengan big data adalah karena big data itu sendiri dibuat dengan menggabungkan data yang diperoleh dari berbagai sumber, dan jumlahnya merupakan ciri mendasar dari big data, tidak diragukan lagi demikian.

 

2. Velocity

Velocity sendiri mengacu pada kecepatan data, yaitu kecepatan dihasilkannya data  untuk memenuhi kebutuhan dan kecepatan pemrosesan dan analisis data. Selain kecepatan pengumpulan data, kecepatan pengiriman data juga mempunyai pengaruh yang cukup besar, terutama pada saat pengiriman data.  Jika big data mempunyai kecepatan yang dapat diterima, maka data dapat diterima atau digunakan secara langsung (dalam waktu nyata).

 

3. Variety

Variety di sini dapat diartikan sebagai perbedaan jenis data yang dimiliki oleh big data. Tipe data tradisional biasanya lebih terstruktur, namun dengan berkembangnya big data, terdapat banyak bentuk baru data tidak terstruktur dan semi terstruktur, termasuk data dalam bentuk teks, audio, dan video. Data ini memerlukan pengolahan tambahan untuk mengetahui makna data tersebut.

 

Nah guys setelah mengetahui karakteristik dasar nya, untuk mengenal lebih lanjut lagi disini kita akan menjelaskan perkembangan Big Data yaitu :

1. Big Data 1.0 (1994-2004)

Big Data 1.0 mengacu pada era teknologi web yang menggunakan web untuk menganalisis aktivitas online pengguna. Arti web dapat dibagi menjadi tiga kategori: penggunaan web, struktur web, dan konten web (Lee, 2017a). Analisis penggunaan web adalah analisis menggunakan aplikasi web untuk memahami perilaku pengguna web.Data penggunaan mengacu pada identitas (perilaku) pengguna web saat mereka berselancar. Hal ini memungkinkan administrator atau penulis web untuk menyiapkan layanan web bagi pengguna.

 

2. Big Data 2.0 (2005-2014)

Big Data 2.0 mengacu pada perkembangan media sosial yang memungkinkan pengguna web  berinteraksi langsung dengan pemilik konten web, dan pengguna web juga dapat memposting data dan informasi ke konten web.Analisis media sosial (SMA) mendukung konten, penggunaan, dan struktur media sosial.SMA menganalisis dan menafsirkan perilaku manusia di media sosial, mempelajari evolusi pengetahuan, dan memahami minat pengguna, kebiasaan browsing, daftar teman, emosi, pekerjaan, dan opini. SMA digunakan untuk menganalisis bahasa alami dan tidak bergantung pada konten.SMA berfokus pada analisis sentimen (SA) dan analisis jaringan sosial (SNA) (Lee, 2017a).

 

3. Big Data 3.0 (2015-2017)

Kontribusi utama BD 3.0 adalah aplikasi IoT  yang menghasilkan data dalam bentuk gambar, audio, dan video.Hal ini mengarah pada teknologi yang dapat mengidentifikasi data tanpa campur tangan manusia.Aplikasi IoT  dapat meningkatkan analisis data dari sumber data yang sama. Ini  disebut analisis streaming (SA). Berbeda dengan analisis media sosial, SA  tidak hanya digunakan untuk memantau situasi yang ada, namun juga dapat digunakan untuk memprediksi apa yang akan terjadi.Ini dapat digunakan di bidang komersial dan pertanian. Alat SA: Apache Link, Apache Spark, Apache Samza, dll.

 

4. Big Data 4.0 (2017-2018)

BD 4.0 menandai pergeseran dalam manajemen industri dengan fokus pada perencanaan, penerapan, dan pengendalian cerdas. Semua ini mengarah pada efisiensi dan efektivitas pengelolaan organisasi.Dalam konteks ini, aplikasi Internet of Things (IoT) digunakan untuk mendukung percepatan pencapaian tujuan, visi, dan misi organisasi.Dapat dipastikan pengelolaan organisasi di era Revolusi Industri 4.0 memanfaatkan IoT dibandingkan melibatkan manusia.

 

5. Big Data 5.0 (2019-Sekarang)

BD 5.0 bertujuan untuk mengintegrasikan peran IoT dan  manusia  dalam manajemen organisasi. Misi revolusi 5.0 adalah menyeimbangkan  peran manusia dan teknologi.

Sebaliknya, Revolusi 5.0 hadir dengan menjembatani kesenjangan antara hubungan manusia dan teknologi informasi. Pada dasarnya, 5.0 mengedepankan perkembangan teknologi informasi dan fokus pada penguatan dan pengembangan kemampuan manusia sebagai sistem pendukung industri teknologi informasi.

 

Dalam perkembangannya Big Data juga mempunyai manfaat di dalam perusahaan loh! Berikut adalah manfaat Big Data dalam perusahaan :

1. Efisiensi Operasional Bisnis

Manfaat pertama yang paling banyak dilihat perusahaan dari penggunaan big data adalah  efisiensi operasional.Efisiensi ini mengacu pada kemudahan  data yang dimiliki perusahaan dapat diidentifikasi dan dianalisis.Dalam hal ini, perusahaan dapat mencari, mengambil, dan menganalisis data operasional internal untuk mengelola inventaris, mengevaluasi proses produksi, dan  banyak lagi.Secara tidak langsung, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan apa saja yang muncul dan perlu dipenuhi.

 

2. Peningkatan Produktivitas Bisnis dan Tenaga Kerja

Sistem bisnis big data terintegrasi dengan AI (kecerdasan buatan). Di sini, AI  berperan  menggantikan tenaga manusia dalam pengumpulan dan pemrosesan data.Jika kita hanya mengandalkan sumber daya manusia, pengolahan informasi akan memakan waktu dan menjadi tidak efisien. Contoh  penggunaan AI pada perusahaan adalah dengan adanya layanan chatbot. Chatbot adalah sistem komputer yang secara otomatis  menjawab pertanyaan pelanggan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Informasi yang diperoleh chatbots berasal dari big data, yang merupakan tempat dikumpulkannya seluruh data bisnis dan pelanggan.

 

3. Pengoptimalan Customer Service

Big data menyimpan semua informasi sehingga Anda dapat melayani pelanggan dengan lebih baik. Dengan menganalisis data pelanggan, pemilik perusahaan dapat mengetahui perilaku konsumen pelanggan perusahaannya.Misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang kecantikan.

Anda pasti mempunyai data pelanggan yang pernah berbisnis dengan perusahaan Anda bukan? Informasi ini tergolong big data. Gunakan data ini untuk mengetahui produk apa yang sering dibeli pelanggan Anda, metode pengiriman terpopuler, metode pembayaran yang paling sering mereka gunakan, dan  banyak lagi. Gunakan informasi ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan rekomendasi produk yang relevan dan mempersonalisasi interaksi  pelanggan. Pelanggan dapat meningkatkan kepuasannya terhadap pelayanan perusahaan dan secara tidak langsung  meningkatkan pendapatan usaha.

 

Kesimpulan

Secara singkat, Artikel ini menggambarkan eksistensi Big Data merupakan tren  yang mencakup sektor bisnis dan teknologi. Big Data juga mengacu pada teknologi dan rencana yang berisi data yang beragam, sehingga teknologi, keterampilan, atau infrastruktur tradisional sulit untuk dikelola dengan benar. Setelah dampak positif dan negatif dari pengolahan Big Data analisis bisnis yang telah disebutkan di atas, dari situ dapat memahami pentingnya mengintegrasikan bisnis dengan sistem digital saat ini, sehingga dampaknya akan positif di masa yang akan datang. 

Sekian pembahasan artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. See you next time! wink

#SALAMPERUBAHAN

#BERSATUDALAMMANFAAT

 

Sumber :

https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-big-data/

https://www.linknet.id/article/manfaat-big-data

https://www.researchgate.net/publication/332108784_Mengenal_Big_Data_BD_dan_Big_Data_Analysis_BDA

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWAkademik HimasisaktivasiAktivasialgoritmaalgoritmaalgoritma pemrogramanangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitaBig-Datablockchainbossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCyber SecurityCYBER SECURITYdasar algoritmadasar jaringandataData DiridatabaseDatabasedehidrasidockerdownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsfakta Figmaflowchartflutterfolder projectFrameworkFront EndFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubhello worldHIMASIS himasishimasis artikelhtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installinstallInstalliterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkarakteristikkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekonsep cbdckrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibrarymachine learningMading HimasismagentamakananmakrabManfaat big dataMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmobil pintarmongoDBmudikmudik amanmvcnavigasi mobil pintarnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023Periode 2023-2024Periode 2024 - 2025perkembanganphpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI potensi blockchainProsedurproses bisnispseudecodepuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRFIDRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttacksejarahselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisensor mobil pintarsequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubStudy ClubTableTableauTechnopreneurshipteknologiteknologi informasiteknologi informasiterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTriktutorialTutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube