Artikel

Materi: Mengenal Apa itu Fiber Optik/Jaringan Kabel Transmisi?

    Dibaca 758 kali Artikel Materi Pembelajaran

Penulis : Hafizh Ayyasy Pratama

Penerbit dan Editor : Sadira Zahra Aydin

 

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Halo teman – teman! Apa kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat yaa.

Kali ini ada info penting dan menarik tentang Fiber Optik nih, yuk langsung disimak artikelnya!

 

Pengertian Fiber Optik

Fiber Optik adalah suatu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus, dan digunakan sebagai media transmisi karena dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu lokasi ke lokasi lain dengan kecepatan tinggi. Ukuran fiber optik ini sangat kecil dan halus (diameternya hanya 120 mikrometer), bahkan lebih kecil dari helaian rambut manusia.

 

Struktur Kabel Fiber Optik

  1. Inti (inti) merupakan serat kaca yang tipis menjadi media cahaya
  2. Cladding merupakan lapisan luar melindungi inti dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar
  3. Coating adalah pelindung mekanis yang menjaga serat optik dari kerusakan yang terjadi karena kabel melengkung atau gangguan luar
  4. Pelindung Strength Member & Outer Jacket yang menjaga kabel dari gangguan luar yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian core.

 

Berikut adalah jenis-jenis kabel fiber optik yang dibedakan menjadi dua jenis yang berdasarkan mode transmisinya. Adapun jenis fiber optik di antaranya:

1. Serat Optik Mode Tunggal

Kabel fiber optik single mode yaitu kabel jaringan yang memiliki transmisi tunggal, sehingga hanya bisa menyebarkan cahayanya hanya melalui satu inti dalam suatu waktu. Jenis fiber optik ini memiliki inti berukuran kecil dengan diameter sekitar 9 mikrometer yang digunakan untuk mentransmisikan gelombang cahaya dari sinar inframerah dengan panjang gelombang 1300-1550 nanometer.

2. Serat Optik Multimode

Kabel fiber optik multimode merupakan kabel yang dapat mentransmisikan banyak cahayan dalam waktu bersamaan karena memiliki ukuran inti besar yang memiliki diameter sekitar 625 mikrometer. Kabel jenis optic multimode biasanya sering digunakan untuk keperluan komersial, yang pada dasarnya banyak diakses masyarakat. Karena kebel fiber optik tersebut mampumengrimkan sinar infra merah yang memiliki panjang 850 – 1300 nanometer.

 

Kelebihan fiber optik

  1. Memiliki kecepatan transmisi yang tinggi dengan kapasitas mencapai 1 GB/detik.
  2. Dapat mentransmisikan data dengan jarak yang cukup jauh tanpa adanya bantuan penguat sinyal.
  3. Bahannya terbuat dari kaca dan plastik sehingga tahan terhadap karat.
  4. Kebal terhadap gangguan elektromagnetik ataupun gelombang radio

 

Kekurangan Fiber Optik

  1. Biaya instalasi dan perawatan cenderung lebih mahal daripada jenis kabel lainnya
  2. Membutuhkan sumber cahaya yang kuat
  3. Kabel harus dipasang dengan jalur lurus untuk memaksimalkan kecepatan dan kelancaran transmisi cahaya

 

Teknologi fiber optik atau serat cahaya, mampu menjangkau dengan jarak yang besar dan mampu memberikan perlindungan terhadap gangguan listrik. Kecepatan transfer data mampu mencapai 1000 mbps dengan jarak satu segmen dan dapat lebih dari 3.5km. Kelebihan lain kabel serat cahaya tidak mudah terganggu terutama pada lingkungan, cuaca, dan panas.

 

Demikianlah penjelasan lengkap seputar pengertian fiber optik. Meskipun membutuhkan biaya yang mungkin dapat menguras kantong dalam instalasi, namun hal ini tidak menjadi masalah. Karena hal ini didukung oleh kualitas jaringan yang super cepat dan tahan lama, sehingga sangat baik digunakan dalam kegiatan komersial atau yang lainnya.

 

#SALAMPERUBAHAN

#BERSATUDALAMMANFAAT

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWAkademik HimasisAktivasiaktivasialgoritmaalgoritmaalgoritma pemrogramanangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitaBig-Datablockchainbossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCyber SecurityCYBER SECURITYdasar algoritmadasar jaringandataData DiriDatabasedatabasedehidrasidockerdownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsfakta Figmaflowchartflutterfolder projectFrameworkFront EndFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubhello worldHIMASIS himasishimasis artikelhtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS Installinstallinstalliterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkarakteristikkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekonsep cbdckrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibrarymachine learningMading HimasismagentamakananmakrabManfaat big dataMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023Periode 2023-2024Periode 2024 - 2025perkembanganphpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI potensi blockchainProsedurproses bisnispseudecodepuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRFIDRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttacksejarahselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur OrganisasiStudy Clubstudy clubTableTableauTechnopreneurshipteknologiteknologi informasiterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTriktutorialTutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube