Artikel

A. MENGENAL SQLITE

  1. Pengertian SQLite
    SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp.
    Tidak seperti pada paradigma client-server umumnya, Inti SQLite bukanlah sebuah sistem yang mandiri yang berkomunikasi dengan sebuah program, melainkan sebagai bagian integral dari sebuah program secara keseluruhan. Sehingga protokol komunikasi utama yang digunakan adalah melalui pemanggilan API secara langsung melalui bahasa pemrograman. Mekanisme seperti ini tentunya membawa keuntungan karena dapat mereduksi overhead, latency times, dan secara keseluruhan lebih sederhana. Seluruh elemen basisdata (definisi data, tabel, indeks, dan data) disimpan sebagai sebuah file. Kesederhanaan dari sisi disain tersebut bisa diraih dengan cara mengunci keseluruhan file basis data pada saat sebuah transaksi dimulai.

B. Cara Instal sqlite

SQLITE

     

  • Setelah itu teman-teman buat folder baru di Local disk C,berikan nama sesuai dengan keinginan teman-teman
  • Setelah download selesai teman-teman extrac,
  • Copy sqlite3 nya saja,setelah itu masukkan ke folder yang sudah teman-teman buat tadi
  • Buka command prompt lalu lakukan seperti gambar berikut

sqlite2

Cd.. berfungsi untuk kembali ke direktori atau folder sebelumnya,sedangkan cd berfungsi menuju ke direktori yang kita inginkan

Di sini mimin membuat folder dengan nama sqlite di local disk C. setelah itu nama databasenya adalah datasiswa

 

C. Fungsi pada sqlite

  1. DDL (Data Definition Language) adalah statement yang digunakan untuk mendefinisikan skema atau struktur dari suatu database. Terdiri dari :

 

CREATE – membuat suatu objek dalam database.
ALTER – mengubah struktur objek dari suatu database.
DROP – menghapus objek dari suatu database.
TRUNCATE – menghapus semua record dari sebuah tabel, termasuk semua alokasi ruang untuk record tersebut ikut dihapus.
RENAME – mengganti nama suatu objek database.
  1. DML (Data Manipulation Language) adalah statement yang digunakan untuk mengelola data di dalam skema atau struktur objek.
SELECT - membuat suatu objek dalam database
ALTER - mengubah struktur objek dari suatu database
DROP - menghapus objek dari suatu database
TRUNCATE - menghapus semua record dari sebuah tabel, termasuk semua alokasi ruang untk record tersebut ikut duhapus
RENAME - mengganti suatu objek database
  1. DCL (Data Control Language).
GRANT – memberikan hak akses pengguna ke database.
REVOKE – mencabut atau menarik kembali hak akses yang telah diberikan dengan statement GRANT

Menjalankan fungsi pada SQLite

  1. UPDATE
    Perintah ini untuk mengubah isi data pada tabel
  2. Menghapus database
    Tidak perlu menggunakan perintah, cukup hapus file database tersebut.
  3. Membuat table

Mau tau selengkapnya?yuk langsung download aja DISINI,temen-temen bisa langsung membuat database sederhana

sekian tutorial yang dapat Mimin sampai kan, semoga ilmu ini dapat bermanfaat. Bagi rekan rekan yang mau ikut berkontribusi dalam pembuatan artikel ini boleh banget atau rekan rekan ingin request mengenai artikel tertentu? Boleh banget bisa komen dibawah atau menghubungi kami via Line add,karena berbagi ilmu dan menjadi pribadi yang bermanfaat itu menyenangkan.

 

 

#SALAMPERUBAHAN

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWalgoritmaangketArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcoronacovid19csscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber Crimedasar algoritmadasar jaringanData DiridatabaseDatabasedehidrasiEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmafolder projectFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dHIMASIS himasishtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installiterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerjavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranmagentamakananmakrabmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifpaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTradisi LebarantriggerTrikTutorialtutorialtutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019ulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarwhich is the best wirausahaYourXperienceyoutube