Artikel

Materi: Proses Instalisasi Node.JS pada Operasi Sistem Windows

Creator: Raka J. Arkaan.

Editor and Publisher: Gusti Ayu Padmi.

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

 

        Haii teman-teman!! untuk materi artikel kali ini kita akan membahas, yaitu Proses Instalisasi Node.JS pada Operasi Sistem Windows. Sebelumnya Instalisasi Node.JS pada operasi sistem windows untuk langkah-langkahnya bagaimana min? apakah susah? Untuk proses instalisasi akan kita lakukan bersama-sama ya teman-teman. Dalam tahapan proses install nanti, yang kita butuhkan adalah sebuah jaringan internet yang stabil dan tentunya sebuah laptop atau komputer ya teman-teman, hihihihi. Langkah pertama adalah silahkan buka website https://nodejs.org, nanti teman-teman akan masuk ke halaman utama dari Node.JS. Pada halaman utama Node.JS sudah menawarkan installer untuk operasi sistem windows, silahkan teman-teman memilih versi Long Term Support (LTS). Jika teman-teman masih asing dengan singkatan LTS, maka mimin akan jelaskan secara ringkas ya. Sesuai dengan labelnya Long Term Support (LTS) adalah versi yang mendapat dukungan yang lebih lama dibandingan versi Non-LTS, baik dari dukungan pembaruan, perbaikan, hingga perkembangan sintaksis.

 

 

Oleh karena itu, mimin mengajurkan untuk kalian mendownload versi yang LTS. Baik kembali lagi ke dalam proses instalisasi, pada Halaman Utama Node.JS sudah tersedia installer untuk operasi sistem windows, maka teman-teman silahkan klik tombol tersebut. Pada versi LTS sekarang adalah 14.15.4 LTS, mungkin setelah dari artikel ini ditulis akan hadir versi LTS terbarunya, tapi teman-teman tetap bisa mengikuti proses instalisasinya.

 

 

Jika teman-teman sudah selesai mendownload, maka silahkan jalankan installer tersebut, mimin akan jelaskan step by step

 

 

Teman-teman klik tombol next saja, untuk tahap yang pertama kali ini.

 

 

Tahap yang kedua adalah teman-teman klik tombol checkbox (perhatikan anak panah nomor 1), setelah mengklik checkbox, maka klik tombol next.

 

 

Dalam Proses instalisasi ini folder node.js akan disimpan secara di default pada path C:Program Files odejs. Jika teman-teman ingin mengubah, maka silahkan pilih path sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

 

 

Kalau untuk step pada kali ini mimin klik tombol next.

 

 

Untuk step ini, mimin tidak membutuhkan tools chocolatey. Mimin ingin menginstall secara default modules saja (Node.JS). Oleh karena itu, mimin klik tombol next tanpa mengceklis checkbox.

 

 

Lalu klik tombol next lagi. Dan silahkan tunggu sampe proses instalisasi selesai.

 

 

Jika proses instalisasi berhasil, maka akan menampilkan seperti gambar di atas. Lalu klik tombol finish. Eitsss, tunggu teman-teman, Langkah selanjutnya adalah proses pengujian apakah Node.JS sudah berjalan pada Operation System (OS) Windows kita. Bagaimana caranya min?

 

 

Teman-teman silahkan buka Command Prompt (CMD), lalu ketikan sesuai dengan di gambar atas, maka akan menampilkan Versi Node.JS yang telah teman-teman install. Selamat! Node.JS siap digunakan! Jika teman-teman mengalami error silahkan komentar di kolom bawah ya. Kalian pasti kepo kan? Artikel selanjutnya membahas apa, hihihiihi. Pokoknya tunggu aja yaa! sebagai bahan bocoran kita akan berkenalan dengan Framework dari Node.JS yaitu Express.JS! WIHHH, apatu minn? Tentunya akan mimin sediakan sebuah cases sederhana ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Salam sukses untuk kita semua!

 

 

#SALAMPERUBAHAN

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWalgoritmaangketAutoCADAutoCAD2015autonumberback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcoronacovid19csscuci tangancurriculum vitaecv yang baikdasar algoritmadasar jaringandatabaseDatabasedehidrasiEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmafolder projectgaikindoGambar 2dGambar 3dHIMASIS himasishtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installiterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerjavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranmagentamakananmakrabmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifpaslonpelatihan 2Pelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021phpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTechnopreneurshipterhebatTipsTradisi LebarantriggerTriktutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter AFTERGLOWtwiter2019ulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarwhich is the best wirausahaYourXperienceyoutube