Artikel

Mengenal Layanan Storage di Cloud

    Dibaca 293 kali Informasi Sistem Informasi himasis stmi pengenalan jaringan

Creator : Khawazul Ayatullah Hakim

Editor and Publisher : Reza Fahmi Alviandy

 

Istilah Cloud sudah tidak asing didengar oleh kalangan programer. Saat ini, teknologi cloud sudah marak digunakan baik oleh pengguna awam maupun pengembang software. Walau kita belum akrab dengan istilah Cloud, pasti kita salah satu penikmatnya.

 

Bagaimana tidak, hampir semua aplikasi yang banyak digunakan sudah memanfaatkan teknologi Cloud. Mulai dari aplikasi email seperti Gmail; hiburan seperti YouTube; hingga sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok; semua tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi Cloud. Teknologi ini mendongkrak perkembangan infrastruktur dalam membangun aplikasi ke arah yang lebih baik, murah, dan mudah.

 

Storage dalam konteks ilmu komputer adalah ruang yang digunakan untuk menyimpan berkas. Sama seperti ruang penyimpanan pada umumnya, komputer membutuhkan perangkat keras spesifik, seperti hard disk atau flash disk. Jika memiliki perangkat tersebut, komputer bisa menyimpan berkas yang kita miliki, seperti dokumen, musik, video, dan berkas lainnya.

 

Saat ini, storage adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Cloud Provider. Dengan begitu, kita tidak harus memiliki perangkat keras hard disk atau flash disk lagi untuk menyimpan berkas, melainkan cukup dengan memanfaatkan teknologi yang disediakan Cloud Provider. Contohnya, kamu pasti akrab dan sering menggunakan Google Drive, bukan? Nah, dengan memanfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan, itu artinya kamu sudah menyimpan berkas di Cloud. Keunggulan ketika kamu menyimpan berkas di cloud adalah dapat diakses di mana saja tanpa perlu repot membawa perangkat penyimpanan lagi. Kamu cukup mengandalkan koneksi internet dan komputer, atau bahkan smartphone untuk mengakses layanan tersebut.

 

Manfaat dari Storage dengan cloud bisa lebih maksimal untuk kamu seorang pengembang software. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan layanan storage sebagai tempat penyimpanan yang terintegrasi dengan aplikasimu. Contoh, jika membuat aplikasi seperti Instagram, kamu bisa memanfaatkan cloud storage untuk menyimpan foto yang diunggah oleh pengguna sehingga tidak repot untuk menyiapkan perangkat fisik sebagai tempat penyimpanannya. Pastinya, pemanfaatan teknologi Cloud dapat mempercepat pengembangan aplikasi karena kamu bisa fokus terhadap bisnis ketimbang urusan infrastruktur.

 

Beberapa layanan Storage di icloud yang dimiliki cloud provider besar Simple Storage Service (S3) milik AWS, Cloud Storage milik Google Cloud Platform, dan Layanan Blob Storage milik Microsoft Azure.

 

 

#SALAMPERUBAHAN

#BERSAMAKITABERSINERGI

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWAkademik HimasisaktivasiAktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitaBig-Datablockchainbossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCyber SecurityCYBER SECURITYdasar algoritmadasar jaringandataData DiridatabaseDatabasedehidrasidockerdownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsfakta Figmaflutterfolder projectFrameworkFront EndFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubhello worldhimasisHIMASIS htmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installInstallinstalliterationjadwal imsakiyahJakartaJAKARTAjaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkarakteristikkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekonsep cbdckrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibrarymachine learningMading HimasismagentamakananmakrabManfaat big dataMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023Periode 2023-2024Periode 2024 - 2025perkembanganphpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI potensi blockchainProsedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRFIDRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttacksejarahselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur OrganisasiStudy Clubstudy clubTableTableauTechnopreneurshipteknologiteknologi informasiterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTrikTutorialtutorialTutorialtutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube