Artikel

Budaya Programmer yang Perlu Kamu Terapkan Dalam Hidup Kamu

    Dibaca 97 kali Informasi

Creator :  Reza Fahmi Alviandy dan Khawazul Ayatullah Hakim

Editor and Publisher : Khawazul Ayatullah Hakim

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Hallo teman-teman HIMASIS bagaimana kabarnya? semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Kembali lagi pada artikel kali ini yang akan membahas mengenai " Budaya Programmer yang Perlu Kamu Terapkan Dalam Hidup Kamu ". Silahkan di simak baik-baik ya wink

 

Perkembangan teknologi sekarang didasarkan dari inovasi dan kreativitas manusia. Perkembangan teknologi yang semakin masif saat ini tentu dapat membuka lapak kerja bagi seseorang. Terutama di era digital saat ini. Programmer menjadi salah satu profesi terkenal pada era industri 4.0 ini. Banyak startup yang membutuhkan pekerjaan untuk membuat dan mengembangkan suatu teknologi. Satu di antaranya adalah profesi programmer.

Programmer merupakan profesi yang diminati oleh kalangan muda saat ini. Di samping itu, profesi ini dianggap mempunyai prospek masa depan. Kata “keren” dan “gaji besar” sering dilontarkan kepada programmer. Hal tersebut tentu sangat menarik perhatian, khususnya bagi kamu yang ingin mencicipi manisnya menjadi seorang programmer yang handal.

Mengenal Apa Itu Programmer?

Mari kita berkenalan dengan profesi yang satu ini. Sebelumnya kamu pernah dengar apa dan seperti apa programmer itu? Jika belum, perhatikan pengertian di bawah ini ya.

Programmer adalah sebuah jenis profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Seseorang yang memiliki skill menulis kode program (syntax) dan merancang sistem, bisa juga disebut programmer. Kode atau bahasa program yang dimaksud seperti Java, Python, Javascript, PHP, dll.

Sistem yang sering kamu gunakan sehari-hari, seperti web, aplikasi Android, sistem operasi (Windows, Linux, iOS) dll, itu semua dibuat dengan bahasa pemrograman yang disusun oleh para programmer.

 

Apakah kamu pernah menonton channel youtube  kelas terbuka?? Selain menyajikan video tutorial programming, pada channel ini juga menampilkan video ngobrol bareng programmer dan jurnal kelas terbuka yang berisi tentang cerita-cerita Faqihza Muchlis (Pemiliki Channel) sebagai programmer. Tentang pemilik channel yaitu Faqihza Muchlis merupakan peneliti berpengalaman dengan sejarah yang ditunjukkan bekerja di industri pendidikan tinggi. Terampil dalam Riset, Sistem Kontrol Terdistribusi (DCS), Matlab, Bahasa Inggris, dan Programmable Logic Controller (PLC). Profesional penelitian yang kuat dengan gelar Master of Science (M.Sc.) yang berfokus pada Teknik Instrumentasi dan Kontrol dari Institut Teknologi Bandung dan PhD yang berfokus pada Swarm Robotics dari The University of New South Wales. Dalam video di kanal youtube beliau dia menjelaskan ada 4 budaya yang harus di lakukan oleh programmer,yaitu :

  1. Computer culture (Budaya Berkomputer).

Kenapa berbudaya berkomputer itu penting, karena kita sebagai programmer selalu menggunakan computer disetiap kesempatan. Masalah terbesar yang rata-rata saya temui selama ini adalah mereka mau belajar koding, tapi mereka tidak tahan berlama-lama didepan computer. Jadi, berbudaya computer merupakan step pertama untuk menjadi seorang programmer. Perbanyaklah luangin waktu didepan computer, terserah kalian mau ngapain. Mau browsing kek, mau nonton video, atau lainnya. Jikalau anda tidak suka didepan computer, maka kalian jangan belajar koding, mendingan anda belajar masak haha.

  1. Life Long Learning (Belajar Sepanjang Hayat).

Kenapa kalau sebagai programmer diharuskan untuk belajar sepanjang hayat? Karena didalam dunia pemprograman, banyak teknologi yang muncul secara cepat setiap tahun, sehingga kita sebagai programmer harus belajar terus dan mengembangkan skil supaya tidak ketinggalan jaman. Dunia programmer itu beda dengan dunia lain, sebut aja sebagai contoh dunia sipil. Didalam dunia sipil, kalau anda semakin tua, anda semakin jago. Kalau di dunia pemprograman, kalau anda semakin tua, anda semakin jadul kalau tidak belajar tentang teknologi baru. So, kalau kita mau jadi programmer yang jago yaitu jangan Lelah untuk belajar. Karena belajar adalah cara kita untuk terus berada didunia ini.

  1. Self Teaching (Belajar Secara Mandiri).

Sebagai seorang programmer kita harus bisa belajar secara mandiri. Kenapa harus self teaching ? karena seorang programmer tidak akan bisa kalau belajar teorinya saja, harus beserta prakteknya. Seorang programmer perlu membaca dokumentasi, mencari source di internet, dll. Belajar programming tidak harus masuk ke jurusan informatika, anda bisa belajar programming secara gratis melalui internet, Youtube lebih tepatnya. Karena dunia pemprograman bersifat open source, dan jangan lupa untuk update informasi tentang dunia programming melalui social media supaya kita tidak ketinggalan jaman. Makanya self teaching perlu dilakukan oleh seorang programmer untuk mengasah skill.

  1. Trial & Error (Berani Mencoba dan Memperbaiki Error).

Budaya yang terakhir supaya kita menjadi programmer yang hebat adalah trial and error, berani mencoba dan memperbaiki error. Trial and error te;ah menjadi sebuah budaya yang harus dimili oleh seorang programmer. Ga mungkin kalian belajar koding tapi tidak pernah mengalami error, karena error adalah sebuah keniscayaan. Jadi kita harus punya ketahanan dalam menghadapi error dan terus mencoba walaupun ada error.

 

Itulah 4 bidaya yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Yang pertama yaitu computer culture, dimana kita sring menggunakan computer supaya kita terbiasa menggunakan computer. Karena programmer itu kerjaanya didepan computer. Yang ke 2 adalah long life learning, dimana kita haru belajar, belajar,, dan belajar. Yang ketiga adalah self teaching, berhubungan dengan long life learning, kan belajar bisa dilakukan dikelas, cari dibuku, atupun internet, dan self teaching itu kita harus belajar sendiri, karena kalau ngoding, diajari oleh orang, itu belum tentu bisa. Dan yang keterakhir adalah trial and error

 

#SALAMPERUBAHAN

#BERSAMAKITABERSINERGI

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWaktivasiAktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcontainercoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCYBER SECURITYCyber Securitydasar algoritmadasar jaringanData DiridatabaseDatabasedehidrasidockerdownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmafolder projectFrameworkFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubhimasisHIMASIS htmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS installinstallInstalliterationjadwal imsakiyahJAKARTAJakartajaringanjaringanjaringan komputerJavajavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibraryMading HimasismagentamakananmakrabMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTableTableauTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTrikTutorialtutorialtutorialTutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube