Artikel

Materi: Tutorial Cara Download, Install,dan Aktivasi Windows 7 Menggunakan Media VirtualBox

Creator: Gusti Ayu Padmi P.

Editor and Publisher: Reza Fahmi Alviandy.

 

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

 

Hallo teman-teman bagaimana kabarnya? semoga dalam keadaan sehat selalu. Kembali lagi pada artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara Download, Install,dan aktivasi Windows 7 menggunakan media VirtualBox. Silahkan di simak baik-baik dan langsung saja berikut ini adalah langkah-langkanya:

  1. Pastikan laptop/ PC sudah menginstal aplikasi VirtualBox, jika belum terinstall bisa download file dengan cara mengklik link ini
  2. Jika sudah selesai menginstall aplikasi VirtualBox kemudian dapat mendownload file ISO Ultimate dapat memilih terdapat versi 32-bit dan 64-bit dengan cara mengklik link ini 
  3. Langkah selanjutnya setelah selesai mendowload file ISO Ultimate adalah membuka aplikasi virtual box.

 

4. Berikut merupakan tampilan aplikasi virtual box.

 

5. Disini kita dapat klik New.

 

6. Selanjutnya input nama di kolom nama, pilih folder penyimpanan, lalu pilih Micrososft Windows pada kolom tipe dan pilih versi windows 7 disini saya akan memilih (64-bit) pada kolom versi, lalu Next.

 

7. Pada window Memory Size, ikuti saja ukuran size yang disarankan (lebih baik jika tidak masuk dalam zona merah), lalu Next.

 

8. Selanjutnya di window Hard disk, pilih “create a virtual hard disk now” lalu klik Create.

 

9. Kemudian di window Hard disk file type pilih VDI (virtualbox disk image), lalu klik Next.

Pada penjelasan pilihan Hard disk file type diatas, yaitu:

A. VDI (Virtual Disk Image)

VDI adalah Virtual Format drive yang digunakan oleh Oracle VM VirtualBox, program virtualisasi desktop open-source, dapat dipasang sebagai hard disk pada Mac, Windows, dan platform Unix, memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi.

 

B. VMDK (Virtual Machine Disk)

VMDK adalah Virtual disk yang menyimpan isi dari mesin virtual hard disk VMware, dapat diakses sebagai harddisk fisik dengan software VMware, biasanya bernama "[vmname] vdmk;." Mungkin diatur pada ukuran yang tetap atau dikonfigurasi untuk tumbuh dari waktu ke waktu menggunakan Virtual Disk Manager VMware.

 

C. VHD (Virtual Hard Disk)

VHD merupakan file gambar Hard disk yang digunakan oleh Microsoft Windows Virtual PC, menyimpan data dalam file tunggal yang bertindak sebagai harddisk individu.VHD dapat digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, program perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.

 

D. HDD (Parallels Hard Disk)

HDD adalah hard disk virtual yang dibuat oleh perangkat lunak Virtualisasi Parallels Desktop, menyimpan data untuk hard drive mesin virtual. HDD digunakan untuk memuat file VM ketika VM dimulai. File HDD disimpan dalam PVM file mesin virtual.

 

E. QED (QEMU Enchanced Disk)

QED adalah format baru QEMU disk yang masih dalam developement sangat awal disebut QED yang merupakan singkatan dari QEMU format disk. RFC untuk format disk baru ini pertama kali diterbitkan September 2010 pada QEMU mailing list. Meskipun Anda bisa berpendapat bahwa ada format QEMU disk yang cukup, QED mencoba untuk menghindari beberapa perangkap desain QCOW2 dan dapat dianggap sebagai generasi berikutnya format QEMU disk.

 

F. QCOW (QEMU Copy On Write) QCOW adalah format file untuk file image disk yang digunakan oleh QEMU. QCOW adalah singkatan dari "QEMU Copy On Write" dan menggunakan strategi optimasi storage disk yang menunda alokasi penyimpanan sampai benar-benar dibutuhkan. File dalam format QCOW dapat berisi berbagai image disk yang umumnya terkait dengan sistem operasi tambahan tertentu. Dua versi dari format yang ada yaitu QCOW dan QCOW2.

 

10. Selanjutnya pilih dialokasikan secara dinamik, lalu klik Next.

Perbedaan dynamically allocated dan fixed size adalah kemampuan kapasitas memorinya. Jika dynamically kapasitas memorinya tidak dapat menyesuaikan dengan otomatis atau dengan kata lain user harus mengaturnya sendiri. Sedangkan untuk fixed size, kapasitas memorinya langsung diseting otomatis.

 

11. Lalu disini kita akan menentukan jumlah kapasitas hard disk virtual yang tadi dibuat, disini kita memilih 25 GB saja untuk membuat 2 partisi.

 

12. jika sudah, klik Setting.

 

13. Pada tab system, hilangkan centang pada floppy dan network lalu naikan optical sebagai first boot.

 

14. Dibagian tab Storage, plih list empty lalu pilih gambar disik, kemudian klik choose virtual optical disk file.

 

15.  Pilih file ISO Ultimate windows 7 yang sudah didownload pada laptop/ pc, selanjutnya klik Open.

 

16. Setelah itu klik start.

 

17. Maka proses instalasi pun dimulai.

 

18. Pada tampilan ini, kita disuruh menentukan bahasa, format waktu, dan jenis keyboard, kemudian klik Next.

 

19. klik saja install now.

 

20. Selanjutnya program akan mulai menginstalasi.

 

21. Kemudian di sini akan memperlihatkan lisensi windows 7, pilih saja “i accept the license terms”, lalu klik Next.

 

22. Pada pilihan selanjutnya ada 2, yaitu meningkatkan atau menginstal baru. Disini kita akan menginstal jadi kita memilih yang kedua yaitu “custom (advanced)”.

 

23. Pada bagian ini kita akan membuat partisi, jadi silahkan pilih drive options.

 

24. Kemudian kita akan membuat 2 partisi .

 

25. Lalu akan ada peringatan saat membuat partisi baru, pilih saja OK.

 

26. Berikut inilah 2 partisi yang akan digunakan, lalu pilih salah satu partisi bertipe primary sebagai tempat instalasi windows 7.

 

27.  Selanjutnya tunggu sampai proses berikut selesai.

 

28. Jika sudah pada tahap penginstalan update, secara otomatis operating sistem akan meminta restart pada pc/laptop.

 

29. Lalu windows akan kembali meminta pc/laptop agar restart sistem lagi seperti sebelumnya. 

 

30. Selanjutnya akan ada tampilan seperti berikut setelah proses restart.

 

31. Pada window Set Up Windows silahkan input nama pc, disini saya menggunakan nama sendiri.

 

32. Pada tampilan selanjutnya adalah window Set Up  Windows input password untuk keamanan perangkat dari orang lain, jika tidak membutuhkan password maka lanjut saja pada proses berikutnya.

 

33. Lalu kita akan diperintahkan untuk input product key, jika tidak mempunya product key maka lanjut saja pada proses selanjutnya.

 

34. Next, kita diperintahkan untuk memilih pengaturan update windows, bagi yang menggunakan windows bajakan disarankan memilih ask me later agar windows tidak black screen saat digunakan dimasa mendatang.

 

35. Setelah itu pilih zona waktu pada wilayah, tanggal, dan jam sekarang.

 

36. Selanjutnya adalah komputer yang sering di instalasi tersebut termasuk jenis apa, komputer rumahan, kantor, atau publik. Disini saya memilih publik supaya tidak terlalu ribet saat menghubungkan ke internet.

 

37. langkah berikutnya akan melaksanakan finalisasi pada penginstalasian dan setelah itu kita akan disambut dengan tampilan awal windows 7.

 

38. Ini langkah terakhir Instalasi Windows 7 berikut  tampilan desktop windows 7 pada Media VirtualBox, Selamat dengan ini proses menginstalasi windows 7 sudah selesai.

 

39. Selesai kita menginstalasi windows 7, selanjutnya bisa melakukan aktivasi windows 7. Sebelum itu, pastikan mematikan/ disable protection sementara antivirus yang sudah terinstall di PC/Laptop.

 

40. Kemudian disable juga antivirus ESET dengan cara klik ikon dan pilih Pause protection. Alangkah lebih baik jika menguninstall semua antivirus yang terinstall di PC/ Laptop. Kemudian nanti setelah aktivasi selesai bisa diinstall kembali antivirusnya.

 

41. Namun jika baru saja selesai melakukan instalasi ulang Windows 7 dan belum menginstall antivirus apapun, maka bisa skip langkah nomor 39 sampai 40.

 

42. Langkah yang harus dilakukan selanjutnya yaitu mendownload terlebih dahulu activator Windows 7 melalui link ini (password: windows) dan untuk keperluan mengekstrak file bisa mendownload WInRAR pada link ini

 

43. Setelah mendownload WinRAR open file tersebut.

 

44. Kemudian Install Win RAR.

 

45. Setelah itu kemudian selesai install WinRAR dapat mendownload dan aktivasi pada activator Windows 7, dengan cara klik kanan file activator kemudian pilih Extract Here.

 

46. klik kanan windows loader dan klik Run as administrator.

 

47. Setelah aplikasi terbuka, silakan klik Install untul mengaktivasi Windows 7.

 

48. Tampilan selanjutnya akan seperti ini menunggu proses aktivasi Windows 7  sampai selesai.

 

49. Jika mendapatkan notifikasi warning seperti ini, klik Restart.

 

50. Kemudian PC/ Laptop akan menyala dan masuk ke desktop, silakan untuk masuk ke menu System untuk mengecek berhasil tidaknya proses aktivasi. Dengan cara masuk ke Start Menu, ketik “system” dan akan muncul opsi System. Klik System.

 

51. Langkah terakhir dalam aktivasi Windows 7, yaitu pada opsi Windows activation akan terlihat tulisan "Windows is activated" yang berarti bahwa  Selamat Windows 7 sudah berhasil diaktivasi.

 

Sampai sini dulu yaa pembahasan mengenai tutorial cara Download, Install,dan Aktivasi  Windows 7 menggunakan media VirtualBox, semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi temen-temen semua. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya !!! wink

 

 

 

#SALAMPERUBAHAN

#SEMANGATBERPRESTASI

Follow Us

Tags

20182019202020214glAdobe XDAfter Event After Event MnG 2020AFTERGLOWaktivasiAktivasialgoritmaangketArrayArtikelAutoCADAutoCAD2015autonumberBack End Developerback end languagebahasa pemrogramanbayar kuliahbelajar vbberitabossbuka bersamabukber himasisCerpenciscocisco packet tracercodeigniterColouringcoronacovid19Criptocurencycsscsscuci tangancurriculum vitaecv yang baikCyber CrimeCYBER SECURITYCyber Securitydasar algoritmadasar jaringanData DiridatabaseDatabasedehidrasidownloadDownloadEcommasterEcommerceEntrepreneurevent ExpressJsFigmafolder projectFrameworkFront End DevelopergaikindoGambar 2dGambar 3dGitGitHubHIMASIS himasishtmlhtmlINDEXS2021InformasiinspirasiInstalisasi NodeJS Installinstallinstalliterationjadwal imsakiyahJAKARTAJakartajaringanjaringanjaringan komputerjavaJavajavascriptJDKJoin MnG 2020JREKAHIM dan WAKAHIMkegiatankerenkinemasterkode otomatisKomunikasi Serverkonfigurasi filekrs onlinekstkunjungan pabrikleaderLebaranLibraryMading HimasismagentamakananmakrabMateri PembelajaranMedia VirtualBoxMedia VirtualBoxmeet and greetmeet and greet 2018meet and greet 2019Meet and Greet 2020meganthropusmelamar kerjaMethodsmicrosoft access 2010minumanmongoDBmudikmudik amanmvcnetbeansngodingOnlinepreneurshiporacleorracleOS Windowsosi layerotomotifPanduan Lengkappaslonpaslon nomer 2pelatihan 2Pelatihan BPHPelatihan UIUXpelatihan1pemilu HIMASISpemimpinpemimpin baikpemrogramanpencarianpendaftaranpengenalan jaringanpengisian angketPeriode 2020 - 2021Periode 2021-2022Periode 2022 - 2023phpphpPHP VS NodejspklPoliteknikPOLITEKNIK STMI Prosedurproses bisnispuasapuasapycharmpythonpytrainramadanramadan 1441hramadhanRansomwarerequestresponseRESTful APIresumeRoutingrun endpoint expressrun server expressschsearch barSecuritySecurity AttackselectionSemester Pendekseminarseminar umumseminar2018senisequenceSetup ProjetSistem InformasispectrumSQL vs NoSQLSSLstmistok otomatisstruktur fileStruktur Organisasistudy clubTableTableauTechnopreneurshipterhebatterpilihpaslonnomer2TipsTopologi JaringanTradisi LebarantriggerTrikTutorialTutorialtutorialtutorialTwiterTwiter 2020Twiter 2021Twiter 2021Twiter AFTERGLOWTwiter AGENCYtwiter2019uang digitalUbuntuulangtahunultahhimasisVirusvisual basicvisual studiowebWeb DevelopmentWebinarWEBINAR HIMASISWebsitewhich is the best Windows 10windows 7Windows XPwirausahaYourXperienceyoutube