Artikel

Membandingkan ponsel gaming Asus,Xiaomi dan Razer

Assalamualaikum Wr.Wb. halo para pengamat web himasis yang setia. Sekarang mimin mau kasih informasi tentang smartphone gaming. Perkembangan game pada smartphone semakin marak,banyak yang beralih dari PC ke smartphone. Smartphone yang ada sekarang,spesifikasinya belum memenuhi untuk para gamer. Akhirnya produk-produk ternama berlomba-lomba mambuat smartphone gaming. Razer adalah pembuat ponsel gaming pertama di dunia. Lalu selanjutnya di ikuti oleh xiaomi,baru-baru ini Asus juga mengeluarkan produk terbarunya Asus ROG phone,smartphone ini khusus untuk bermain game. Namun harga yang di tawarkan pada ketiga ponsel gaming ini masih cukup tinggi untuk di nikmati berbagai kalangan. Konsumen harus merogoh kocek yang sangat dalam,namun di samping harganya yang mahal para konsumen tidak perlu khawatir ketika sedang bermain game Karena spesifikasi pada ketiga ponsel ini sangat menjanjikan dan terjamin. Maksudnya adalah ketika para konsumen sedang menggunkan ponsel ini untuk bermain game,mimin yakin tidak ada yang namanya kendala. Lalu dari ketiga ponsel ini mana yang terbaik?mari kita bandingkan……….cekidot

 

 

Perbandingan Produk Asus,Xiaomi dan Razer

 

Asus

Xiaomi

Razer

Ukuran Layar

6.0“ 18:9 (2160x1080) AMOLED 90Hz refresh rate with 1ms pixel response time 108.6% DCI-P3 color gamut

5,99 inci, 2.160 x 1.080 piksel (18:9), IPS LCD

5,7 inci, 2.560 x 1.440 piksel (16:9), IGZO IPS LCD, Gorilla Glass 3, 120 Hz refresh rate

Dimensi fisik

158,8 x 76,2 x 8,6 mm

161,6 x 75,4 x 9,3 mm

158,5 x 77,7 x 8 mm

Bobot

200 gram

195 gram

190 gram

Prosesor

Snapdragon 845, speed-binned 2,96 Ghz Octa-core, GPU Adreno 630

Snapdragon 845, octa core CPU (4x Kyro 385 Gold 2,8 Ghz + 4x Kyro 385 Silver 1,8 GHz), GPU Adreno 630

Snapdragon 835, octa core CPU (4x Kyro 2,35 Ghz + 4x Kyro 1,9 GHz), GPU Adreno 540

RAM

8 GB

6 GB & 8 GB

8 GB

Media Penyimpanan

UFS 2.1, 128 GB dan 512 GB

64 GB dan 128 GB tanpa slot MicroSD

64 GB (microSD hingga 256 GB)

Kamera Belakang(1)

12 megapiksel

12 megapiksel f/1.8 dengan phase detect AF.

12 megapiksel, lensa wide f/1.8 dengan phase-detect AF. 

Kamera Belakang(2)

8 megapiksel wide angle

20 megapiksel f/1.8

12 megapiksel, lensa short telephoto f/2,6

Kamera Depan

8 megapiksel

20 megapiksel, lensa f/2.2

8 megapiksel, f/2.0

Kapasitas Baterai

4.000 mAh,fast charging,ASUS HyperChange direct charging

4.000 mAh, Quick Charge 3.0

4.000 mAh, Quick Charge 4+

Jaringan Seluler

GSM/3G HSPA/4G LTE

GSM/3G HSPA/4G LTE

GSM/3G HSPA/4G LTE

Konektor

USB Type C

USB Type C

USB Type C

GPS

Ya dengan dukungan A-GPS,Glonass dan BeiDou

Ya dengan dukungan A-GPS

Ya dengan dukungan A-GPS

Kartu SIM

Nano SIM

Dual Nano-SIM

Nano-SIM

Konektivitas Wireless

Bluetooth® 5.0 Qualcomm® Snapdragon™ X20 LTE Modem: Up to 1.2 Gbps Cat 18 LTE download speeds Up to 5x20MHz carrier aggregation, 4x4 MIMO on up to 3 aggregated carriers, License Assisted Access (LAA)]

WiFi, Bluetooth 5.0

NFC, Bluetooth 4.2

Pemindai Sidik Jari

Ya

Ya

Ya

Sistem Operasi

Android Oreo 8.0

Android Oreo 8.0

Android Nougat 7.1.1

Harga

Belum ada keterangan

Rp 6,6 juta untuk 64GB dan Rp 7,7 juta untuk 128 GB

Rp 9,7 juta

 

Perbandingan ASUS,Xiaomi dan Razer smartphone gaming

  1. Tampilan

          tampilan     

Di paling sebelah kiri merupakan smartphone dari produk Razer phone,lanjut ke sebelah kanannya ada Xiaomi Black Shark dan yang paling kanan ada ASUS ROG phone.Dari segi fisik Asus dan Xiaomi memiliki bentuk yang sama,di sudutnya memiliki lengkungan,berbeda dengan razer yang tidak mempunyai lekukan. Dari bobot,yang paling berat adalah asus yaitu 200 gram.

  1. Prosesor

Dari segi ini tampaknya asus dan Xiaomi lebih di unggulkan karena Menggunakan Qualcomm Snapdragon 845,sedangkan Razer hanya memiliki Snapdragon 835. Mimin jamin main game enggak akan ada kendala.

  1. Penyimpanan

Dari RAM tampaknya sama,Asus,Xiaomi dan Razer memberikan 8 gb untuk produknya,namun Redmi memberikan pilihan kepada konsumen 6 gb dan 8 gb. Untuk storage Asus hingga 512,Redmi 128 tanpa slot MicroSD sedangkan Razer hanya 64 gb dan MicroSD bisa mencapai 256 gb

  1. Kamera

Untuk kamera tampaknya Xiaomi lebih unggul dari smartphone gaming lainnya,dari kamera belakang Xiaomi memiliki 12 + 20 Megapixel,untuk Asus sendiri 12 + 8 Megapixel,sedangkan untuk Razer 12 + 12 Megapixel. Untuk kamera depan Xiaomi 20 Megapixel sedangkan Asus dan Razer 8 Megapixel.

  1. Baterai

Untuk kapasitas baterai,ketiganya sama-sama memiliki kapasitas 4.000 mah.

  1. Sistem Operasi

Kali ini Asus dan Xiaomi memiliki kesamaan yaitu pada sistem operasi yakni Android Oreo 8.0,sedangkan Razer Android Nougat 7.1.1.

  1. Harga

Ini dia yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih sebuah produk. Mari kita bandingkan,di situs lain di katakan Asus memiliki harga yang relatif tinggi yaitu sekitar 15 jutaan ,sedangkan Razer menempati urutan kedua dengan harga yakni 9,7 juta, sedangkan untuk Xiaomi menempati urutan ketiga untuk masalah harga yakni 6-8 juta.

Jadi bingung kan mau beli Iphone atau smartphone android gaming,pilihan ada di tangan anda,mimin Cuma bisa kasih referensi. Biar tambah bingung yuk cek kelebihan dari beberapa produk android gaming yang udah di jelasin mimin.

  • Keunggulan Xiaomi Black Shark

keunggulan xiaomi black

Untuk kinerja yang optimal, Xiaomi melengkapi Black Shark dengan sistem pendingin cair terintegrasi multi-stage yang membawa suhu CPU turun 8 derajat Celcius. Black Shark hanya memiliki satu speaker, tetapi earpiece dapat berfungsi sebagai speaker kedua. Mik ponsel ini berorientasi pada game dengan disematkan kemampuan untuk menghadirkan panggilan suara selama game tanpa mengganggu permainan.

Sedangkan bodi smartphone didesain dalam bentuk-X yang ditujukan agar nyaman dalam genggaman. Ada juga tombol khusus "Shark" di sisi kiri yang memungkinkan pengguna menyalurkan semua sumber daya perangkat untuk game untuk mendapatkan performa maksimal.Smartphone tersebut menggunakan Android Oreo dengan JOY UI, yang merupakan launcher khusus yang beberapa aplikasinya sama dengan MIUI Xiaomi.

Xiaomi Black Shark juga dilengkapi gamepad, mirip dengan apa yang dilakukan Nintendo pada Switch. Gamepad tersebut dilengkapi baterai 340 mAh dan dapat terhubung melalui Bluetooth. Gamepad Black Shark dijual secara terpisah seharga 179 yuan atau sekitar Rp400 ribu.

  • Keunggulan Razer gaming

keunggulan razer

PC Gamer tentu sudah tidak asing saat mendengar G-Sync atau Freesync. Nah, Razer Phone ini dilengkapi teknologi yang mirip itu, tapi namanya adalah UltraMotion. Jadi meskipun layar Razer Phone dilengkapi refresh rate native 120Hz, tetapi layar ini juga mendukung variable refresh rate (VRR). Sama seperti di G-Sync atau Freesync di PC, UltraMotion di Razer Phone juga akan mensinkronisasikan GPU dan refresh rate layar, membuat tampilan gameplay di Razer Phone terlihat lebih mulus dan lancar dalam frame rate yang tinggi.

  • Keunggulan Asus ROG Phone

Sebagai sebuah perangkat gaming, adalah hal yang wajb untuk menanamkan sistem pendingin yang mumpuni. Dan ASUS paham sekali akan hal itu. Mereka menjawabnya dengan menghadirkan sistem GameCool 3D vapor-chamber yang efektif mendistribusikan panas yang menjalar pada SoC dan bodi ponsel. Kalau masih kurang, ASUS juga melengkapi ponsel ini dengan perangkat pendingin tambahan bernama Aeroactive Cooler. Alhasil, performa ponsel tetap bisa dimaksimalkan tanpa terganggu oleh suhu yang melebihi batas kewajaran.

Selain teknologi Quick Charge 4.0 jika Anda menggunakan ROG Phone ZS600KL ini dengan bundle power adaptor, Anda dapat menikmati keunggulan teknologi HyperCharge, teknologi pengisian daya secara langsung untuk mendapatkan pengisian daya yang lebih cepat, lebih aman dan lebih dingin, yang ditawarkan ASUS.

Sudah terkesan? Jangan dulu. Daya tarik ponsel ini tak hanya sampai di situ. Sebagai pabrikan yang sudah berpengalaman merancang sederet hardware dan periferal khusus gaming, ASUS pun memutuskan untuk melengkapi ROG Phone ZS600KL dengan tiga aksesoris tambahan.

Pertama adalah "Mobile Desktop Dock" yang dapat menghubungkan ponsel pada monitor eksternal. Ini jadi alternatif terbaik bagi pengguna yang baru puas bermain game dengan menggunakan mouse dan keyboard.

mobile dekstop dock

Lalu ada "TwinView Dock" yang memberikan ekstra satu display. Aksesoris ini membuatnya jadi mirip dengan konsol genggam Nintendo DS.

twinviewdock

Terakhir, adalah "Gamevice", kontroler fisik eksternal yang dapat ditandemkan dengan "WiGig Dock" untuk melakukan streaming secara nirkabel.

 gamevice

 Ya itulah pemaparan mengenai perbandingan antara hp gaming yang belakangan ini menjadi sorotan. untuk sahabat gamers jadi sekarang udah tau dong harus pilih yang mana?? jadilah konsumen cerdas

sekian artikel dari mimin, sampai bertemu di artikel selanjutnya

 

#SALAMPERUBAHAN

 

 

Referensi

http://id.priceprice.com/ASUS-ROG-Phone-ZS600KL-26793/

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/05/15230007/membandingkan-ponsel-gaming-asus-rog-xiaomi-black-shark-dan-razer-phone

https://www.gamerbraves.com/asus-rog-gaming-smartphone-may-be-coming-soon/

https://dimensigadget.com/harga-asus-rog-phone/

https://www.themobileindian.com/news/xiaomi-black-shark-gaming-smartphone-with-up-to-8gb-ram-detachable-gamepad-announced-21794

https://winpoin.com/7-hal-menarik-seputar-razer-phone-smartphone-untuk-gamer-berteknologi-pc/

https://www.duniaku.net/2018/01/08/hp-murah-di-bawah-2-juta-mobile-legends/