Artikel

Apa itu codeigniter

Assalamualaikum wr.wb

berjumpa lagi dengan mimin halooo rekan rekan sistem informasi. apa kabar? mimin harap semua dalam keadaan baik baik aminnn.

kali ini mimin mau ngebahas mengenai framework codeigniter lohhh

apa sih framework codeigniter ini????

yukkk, kita simak pemaparannya dibawah iniii

Sebelum mendalami codeigniter lebih jauh, sebaiknya dipahami terlebih dahulu apa itu framework. Framework adalah sebuah struktur konseptual dasar yang digunakan untuk memecahkan sebuah permasalahan, bahkan isu isu kompleks yang ada. Sebuah framework telah berisi sekumpulan arsitektur/konsep konsep yang mempermudah dalam pemecahan sebuah permasalahan. Framework bukanlah peralatan/tools untuk memecahkan masalah , tetapi sebagai alat bantu. Framework hanya menjadi sebuah konstruksi dasar yang menopang sebuah konsep/sistem yang bersifat “essential support” (penting tapi bukan komponen utama).

Kenapa menggunakan framework?
Salah satu alasan mengapa orang menggunakan framework terutama dalam membangun sebuah aplikasi adalah kemudahan yang ditawarkan. Dengan memanfaatkan design pattern dan common function yang telah ada didalam framework dalam mempercepat proses pengembangan aplikasi.

Apa itu codeigniter?
Codeigniter adalah sebuah web application framework yang bersifat open source digunakan untuk membangun suatu aplikasi PHP dinamis. Tujuan utama pengembangan codeigniter adalah untuk membantu developer untuk mengerjakan aplikasi lebih cepat dari pada menulis semua code dari awal. Codeigniter memiliki berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam proses pengembangan. Codeigniter diperkenalkan ke public pada tanggal 28 februari 2006. Codeigniter dibangun menggunakan konsep MVC (Model – View – Controller) development pattern. Merupakan salah satu framework tercepat dibanding dengan framework yang lainnya.

 untuk artikel lebih lengkapnya rekan rekan dapat mendownloadnya

Pengenalan Codeigniter

Untuk mendownload framework codeigniter versi 2.2.6 dapat diunduh

Download framework codeigniter versi 2.2.6

Untuk mendownload framework codeigniter versi 3.1.8 dapat diunduh pada link dibawah ini

Download framework codeigniter versi 3.1.8

oh iya, simpan file downloadnya di folder xampp/htdocs ya

jadi untuk dapat menjalankan framework tersebut teman teman harus sudah memiliki aplikasi xampp dan simpan filenya dalam folder xampp/htdocs (jangan lupa diextract)

agar dapat berjalan pada web browsernya karena framework codeigniter menggunakan bahasa php.

itulah pemaparan singkat mengenai framework codeigniter. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membuka wawasan rekan rekan mengenai framework codeigniter.

jika artikel ini bermanfaat yukk sebarkan artikel ini ke teman teman yang belum mengetahuinya

karena ilmu yang bermanfaat sungguh indah apabila disebarluaskan

jangan pernah takut untuk berbagi karena menjadi pribadi yang bermanfaat jauh lebih menyenangkan

"jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian telah berbuat baik bagi diri kalian sendiri" (QS.Al-Isra:7)

 

Referensi :

E – book codeigniter/www.koder.web.id

https://codeigniter.com/download