Artikel

How to Build Leadership Skill

    Dibaca 36 kali Tips inspirasi himasis pemimpin tutorial leader boss pemimpin baik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo guys! Apa kabar kalian semua? semoga sehat selalu yaa kembali lagi ke Artikel HIMASIS Politeknik STMI Jakarta. Dan untuk kesempatan kali ini, admin ingin menjelaskan sesuatu yang beda dari biasanya nih diluar topik pemrograman dan sistem informasi yaitu mengenai 

 

 

ya, artikel kali ini akan membahas tentang gimana sih caranya membangun atau mengembangkan skill kepemimpinan (Leadership Skills) kita!

sebelum itu, Menurut temen-temen apa sih leadership itu?

Apakah hanya sebatas sifat kepemimpinan seseorang? Jika iya, bagaimana dengan sifat bossy? Apa perbedaannya?

Terus bagaimana sih.. kita bisa memiliki sifat leadership dimata orang-orang? Berani memimpin dengan tegas dan lugas tanpa grogi??

 

NAH UNTUK TAU JAWABANNYA, YUK DI SIMAK CARA MENUMBUHKAN SIFAT KEPEMIMPINAN/LEADERSHIP SKILL...

 

 

LEADERSHIP/KEPEMIMPINAN

Tahapan dimana seorang individu mempunyai pengaruh atas orang lain dan mengilhami, memberikan motivasi, semangat dan juga memberi arahan aktivitas-aktivitas mereka untuk membantu tercapainya tujuan kelompok dan organisasi.

Istilah leadership berasal dari serapan bahasa Inggris yang berarti kepemimpinan. Kata leadership memiliki kata dasar leader berarti pemimpin, serta kata to lead yang keduanya mengandung beberapa arti yang saling berhubungan, yaitu: bergerak lebih awal, berjalan di awal, mengambil langkah awal, berbuat paling dulu, memelopori, mengarahkan pikiran-pikiran-orang lain, membimbing, dan menggerakkan (Danin dan Suparno, 2004).

LEADER/PIMPINAN

Leader adalah peran/orang dalam sistem tertentu.

 

intinya kita tahu bahwa membahas leadership tidak akan jauh dari kata leader. karena didalam leadership terdapat seorang leader yang hebat, lalu sifat atau karakter apa yang kita harus tumbuhkan sebagai seorang pemimpin/leader?

SIFAT/KARATERISTIK YANG HARUS DIMILIKI 

  1. Memiliki Keingintahuan yang Aktif.
  2. Kesadaran Diri

  3. Komunikasi yang Jelas
  4. Mampu Memotivasi

  5. Menguasai Cara Mendekati

 

oh ya, temen-temen pernah mendengar istilah "bossy" atau mungkin pernah dicap oleh orang lain "bossy banget sih dia!" padahal niat teman-teman mau menjadi pemimpin yang baik tapi jatuhnya jadi bossy.

sebenarnya temen-temen tau tidak perbedaan leader dengan bossy?

 

BOSSY

adalah yang suka meraja. Arti lainnya dari bossy adalah bertonjol. sedangkan

BOSS

Adalah seorang yang memerintahkan anak buahnya untuk bekerja keras tanpa mengarahkan atau mengajarkan serta membimbing bawahannya jika terjadi kesalahan.

SIFAT-SIFAT YANG DIMILIKI BOSS

  • Suka memerintah “GO!”                                                           
  • Mengukur prestasi, “mampu” atau “tidak”

  • Membangkitkan rasa takut

 

jadi.. temen-temen sudah tau ya perbedaan sifat dari bossy dengan leader itu bagaimana? kira - kira pada mau pilih mana menjadi seorang boss atau seorang leader? hehe tongue-out

kalau temen-temen memilih menjadi seorang leader atau ingin menumbuhkan sifat leadership itu sendiri, berikut cara menumbuhkan sifat kepemimpinan/Leadership 

 

CARA MENUMBUHKAN SIFAT KEPEMIMPINAN/LEADERSHIP

  1. JADIKAN DIRI ANDA PEMIMPIN, BUKAN BOSS

    Hal yang pertama posisikan diri kalian menjadi seorang pemimpin, pemimpin tidak harus selamanya dalam acara yaa Teman-Teman. Dimulai dari pemimpin kecil dalam hidup kalian, kalian bisa mengatur keseharian kalian dengan baik, itu sudah langkah awal dari seorang pemimpin. Tapi ingat, jangan menjadikan diri kalian seperti boss, yang hanya mengatur dan menyuruh hidup kalian, tapi jadilah menjadi pemimpin yang bisa menempatkan waktu kalian juga untuk bersantai dan melakukan pekerjaan.
  2. PANDAI MENGELOLA EMOSI

    Menjadi pemimpin tidaklah mudah, apalagi menjadi pemimpin dalam suatu tim. Pasti menemukan kendala yang selalu terjadi, dan ada saja kondisi yang membuat kita emosi maka dari itu Teman-Teman perlu mengendalikan emosi belajar dari sekarang, karena menjadi pemimpin harus dapat mengendalikan emosi tapi bukan berarti seorang pemimpin tidak boleh/bisa marah yaa. mereka bisa saja meluapkan amarahnya tapi jika kondisi tersebut memang dituntut seperti itu.
  3. BERANI MENGAKUI KESALAHAN

    Manusia pasti tidak lepas dari kesalahan, begitupula dengan seorang pemimpin, ada kalanya kesalahan berawal atau bersumber dari pemimpinnya tapi yang paling terpenting disini bagaimana kita mengakui kesalahan kita dan tidak lari dalam masalah, hadapilah bersama rekan-rekan team kalian pasti solusi dalam masalah akan ditemukan.
  4. ASAH KETERAMPILAN MEMIMPIN ANDA SECARA KONSISTEN

    Sama seperti pisau yang tidak diasah selalu, pasti akan tumpul. Sama juga dengan sifat kepempinan kita, kalau tidak diasah selalu maka perlahan akan hilang. Tentunya Temen-Temen harus secara konsisten mengasah sambil belajar sedemikian hari untuk menjadi seorang pemimpin, tapi ingat yaa KONSISTEN jangan nanti hari ini kalian asah, besok tidak. Nanti sama seperti lampu yang redup-nyala-redup-nyala hehe..

Nah, kalau temen-temen sudah tau sampai pemahaman disini perlahan Teman-Teman akan memiliki sifat Kepemimpinan itu sendiri dan selalu lah kalian pupuk sifat kepemimpinan tersebut sampai menjadi seorang pemimpin yang baik dan memiliki integritas yang tinggi.

Baik, teman-teman pembaca setia artikel dari HIMASIS, saya cukupkan penjelasan singkat mengenai LEADERSHIP. Apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan, saya minta maaf, sebab kita di sini sama-sama belajar untuk menimba ilmu dan berbagi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ;D.

 

CREATOR & PUBLISHER : Devina Vallery .T

 

REFERENSI :

https://jadikaryawan.com/menjadi-pemimpin-atau-leader

https://www.tokiomarine.com/id/id/personal/learn/blog/5-Qualities-That-Makes-a-Truly-Great-Leader.html

https://www.onoini.com/pengertian-leadership/

https://www.kajianpustaka.com/2020/01/leadership-pengertian-unsur-fungsi-dan-syarat-kepemimpinan.html

https://lektur.id/arti-bossy/

https://adalah.co.id/leader/

https://www.kompasiana.com/parlin_nainggolan/550acc7da33311cb102e3a1e/perbedaan-seorang-bos-dengan-pemimpin#:~:text=Boss%20adalah%20seorang%20yang%20memerintahkan,membimbing%20bawahannya%2C%20jika%20terjadi%20kesalahan.

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fiqlimanurdiniya.wordpress.com%2F2015%2F12%2F13%2Fpak-pak-maksudnya-apa-ya-pak%2F&psig=AOvVaw0wHScKmXEzbWBzmd7mY8cE&ust=1594876723422000&source=images&cd=vfe&ved=0CA0QjhxqFwoTCOCN6v3AzuoCFQAAAAAdAAAAABAI

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.qerja.com%2Fjournal%2Fview%2F6961-kerugian-yang-ditimbulkan-akibat-bos-yang-buruk%2F&psig=AOvVaw17CBlyFw5OeX4yr4EyMgWt&ust=1594883538006000&source=images&cd=vfe&ved=0CAMQjB1qFwoTCID9i6razuoCFQAAAAAdAAAAABAD

 

Follow Us