Artikel

Tradisi Lebaran di Berbagai Negara

Assalamu’alaikum... Halo guys, gimana lebarannya? Sebelumnya, mimin mau ngucapin minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin yaa

Nah artikel kali ini sedikit intermezzo nih. Ternyata perayaan lebaran di negara lain itu sangat beragam lho.. Yuk simak artikelnya!

 

  1. Arab Saudi

Arab Saudi negara yang mayoritas penduduknya muslim tentu mengadakan perayaan lebaran yang sangat meriah. Saat perayaan lebaran, beragam pagelaran diadakan seperti baca puisi, parade, teater hingga pertunjukan musin. Makanan yang paling banyak ditemui di sana saat lebaran adalah daging domba yang dicampur nasi serta sayuran tradisional. Hal seperti ini juga terjadi di Suriah, Sudah, hingga beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Selain itu perayaan lebaran di negara Timur Tengah sering dirayakan dengan tradisi menghias rumah. Lampion berwarna-warni digunakan untuk menghias rumah agar terlihat cantik. Tidak hanya itu masyarakat Arab Saudi memiliki tradisi unik loh. Ya, di setiap rumah selalu digelar karpet. Kebiasaan ini kemudian digunakan pemilik rumah untuk duduk bersama para tetangga dan tamu yang datang sambil bercengkerama serta menyantap hidangan lebaran. Wah meriah sekali ya!

Arab Saudi

 

  1. India

Selanjutnya perayaan lebaran di India. Walaupun India merupakan negara terbesar minoritas kaum muslim, perayaan lebarannya pun tidak kalah meriah seperti di Indonesia. Beberapa makanan spesial disiapkan seperti hidangan manis yang disebut Sheer Kurma dan sejenis sohun nasi yang disebut servai.

Ketika menuju pengujung Ramadhan, perempuan di India, Pakistan, dan Bangladesh bersama-sama melakukan tradisi Chand Raat. Tradisi ini identik dengan memberikan warna kepada anggota tubuh. Biasanya yang dicat adalah bagian kaki dan tangan menggunakan henna. Dan juga Pada malam Idul Fitri, orang-orang mengunjungi bazar dan pergi berbelanja.

 

  1. Turki

Nama Idul Fitri di negara ini dikenal dengan istilah Festival Gula atau Seker Bayram. Seperti halnya tradisi sungkem di Indonesia, anak-anak di sana juga bersalaman serta melakukan sungkem atau sembah sujud kepada orangtua dan orangtua akan membalas dengan ciuman di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang. Tidak hanya itu Biasanya mereka mencium tangan dari orang yang lebih tua, kemudian barulah memberikan coklat tersebut.

 

  1. Afrika Selatan

Perayaan lebaran di Afrika Selatan agak berbeda dengan negara lain. Setiap tahun orang-orang akan berkumpul di Green Point, Cape Town untuk menyaksikan hari terakhir bulan Ramadhan. Kalau untuk silaturahmi, negara ini memiliki tradisi yang sama dengan Indonesia dimana masyarakat akan saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan atau tetangga dekat.

 

  1. Tiongkok

Di Tiongkok tepatnya di Xinjjiang, perayaan lebaran ini dirayakan cukup unik. Para pria akan mengenakan jas khas serta peci putih dan wanita akan menenakan baju hangat serta kerudung setengah tutup. Setelah shalat ied, masayarakat akan makan bersama dan bersilaturahmi.

 

  1. Fiji

Perayaan lebaran di berbagai negara memang berbeda-beda dan unik. Salah satunya Negara Fiji. Negara yang mayoritas non-Muslim ini saat Idul Fitri biasa menghidangkan samai, mi manis yang dicampur dengan susu. Samai disajikan bersama samosas yaitu sejenis kari ayam atau daging. Dan yang paling uniknya lagi, yang datang ke masjid untuk shalat Ied hanya kaum pria.

 

 

  1. Afganistan (Tokhm-jangi)

Umat Muslim di Afghanistan juga melakukan tradisi unik ketika Lebaran. Mereka shalat Ied pada pagi hari dan menyambut kemenangan dengan hal yang bersih dan suci. Tradisi unik di Afganistan adalah Tokhm-Jangi atau lebih dikenal dengan adu telur. Pada momen ini, seseorang berkompetisi saling memecahkan telur rebus. Penanda kalah atau menangnya terlihat ketika telur itu pecah, maka seseorang akan kalah.

 

 

  1. Mesir

Mesir juga melakukan tradisi Lebaran. Ketika hari kemenangan itu datang, umat Muslim melakukan shalat Ied dan juga silaturahmi seperti kebanyakan lainnya. Namun, ada sedikit yang berbeda, yakni mereka akan berkumpul pada satu tempat dan memakan makanan yang khas dengan Lebaran, yaitu Ranja. Makanan ini berasal dari ikan asin dan acar. Momen makan bersama ini merupakan upaya untuk mendekatkan silaturahmi antar masyarakat di Mesir

 

 

  1. Tunisia

Negara yang terletak di Afrika ini juga merayakan tradisi menjelang Lebaran tiba. Mereka juga melakukan shalat Ied dan bersilaturahmi terhadap keluarga. Bedanya, hari kemenangan di Tunisia diisi oleh tari-tarian dan bermain musik. Selain itu momen Lebaran juga digunakan untuk memakan roti khas, yaitu Baklawa dan Kaak. 

 

  1. Indonesia

Indonesia memiliki keragaman tradisi mudik yang paling banyak. Sebelum Lebaran datang, digunakan untuk perantau kembali ke kampung halamannya. Biasanya momen ini dikenal dengan istilah "Mudik". Tak hanya dilakukan oleh perantau saja, orang-orang juga kembali ke kampung halaman atau berkunjung ke sanak keluarganya.

Setelah shalat Ied, biasanya mereka melakukan sungkeman. Ini merupakan tradisi meminta maaf kepada orang yang lebih tua, yang dilakukan dengan cara membungkukkan badan.

 

 

Sekian dulu artikel dari mimin. semoga kita bisa dipertemukan kembali di Ramadhan tahun depan dengan kondisi yang lebih baik tentunya. Amin.. innocent

 

Sumber: https://www.google.com/amp/s/www.malangtimes.com/amp/baca/39775/20190604/101400/tradisi-unik-menyambut-lebaran-di-beberapa-negara

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/internasional/read/2019/06/01/23230011/7-tradisi-lebaran-yang-unik-dari-berbagai-belahan-dunia-

https://mamikos.com/info/15-tradisi-unik-perayaan-idul-fitri-di-berbagai-negara/

https://www.idntimes.com/travel/destination/aulia-ratna-safira/berikut-perayaan-perayaan-lebaran-negara-negara-muslim-di-dunia/10

Follow Us