Artikel

Materi: Tutorial Instalasi Python di Windows

Creator: Fajar Islami

Publisher: Nadiya Ivana D.

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo semuanyaaa!ヾ(^∇^)

Artikel kali ini... bahas apa ya? Yak, seperti judulnya artikel ini masih lanjutan dari artikel pembelajaran sebelumnya yaitu Python. Disini penulis mau ngasih tau langkah-langkah instalasi python ke kalian semua. Buat kalian yang ketinggalan artikel python sebelumnya, bisa baca di link ini ya http://himasis.org/artikel/188-pengenalan-phyton Langsung aja yuk disimak tutorialnya!

 

Bab I                
Persiapan dan Instalasi Python di Windows

Kita lanjutkan tutorial python sebelumnya yang membahas pengertian dan pengenalan python, pada materi yang kedua ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai persipan tool-tool dan instalasi python di sistem operasi windows. Kenapa materi ini saya buatkan khusus windows, ini dikarenakan sistem operasi windows belum menginstall python secara default. Sedangkan sistem operasi linux kebanyakan distro sudah menyediakan interpreted python dan siap digunakan.

Sebelum memulai ke tahap instalasi, ada beberapa tool yang harus dipersiapkan untuk memulai mempelajari bahasa python, tool ini diwajibkan/harus ada untuk bisa memperaktekkan pembuatan aplikasi menggunakan bahasa python. adapun tool-tool tersebut adalah :

  1. Python, ini adalah interpreted bahasa python yang berfungsi untuk mengeksekusi baris perbaris kode program dari bahasa python.
  2. Text editor/IDE, editor yang bisa kita gunakan dalam penulisan code program, banyak sekali IDE yang bisa digunakan untuk penulisan kode program bahasa python. contohnya Pycharm, spyder, anaconda dan lain-lain. Pada materi ini kita akan menggunakan pycharm sebagai IDE untuk penulisan bahasa python.

1.1 Mendownload dan Menginstall Python

1.1.1 Cara Mendownload Python

Agar kode program yang ditulis dalam bahasa Python bisa diproses menjadi aplikasi komputer, kita butuh sebuah Python Interpreter. Python interpreter inilah yang akan membaca satu persatu perintah dalam bahasa Python dan memprosesnya menjadi kode-kode yang bisa dipahami komputer.

File Python interpreter bisa di download dari web resmi Python di www.python.org Silahkan buka alamat tersebut lalu klik menu “Download” (1).

Di halaman Download, website Python bisa mendeteksi sistem operasi yang kita gunakan. Karena saya menggunakan Windows, maka akan muncul judul “Download the latest version for Windows“, yang diikuti dengan tombol “Download Python 3.8.1” (2).

Silahkan klik tombol ini dan proses download akan berlangsung. File python-3.8.1.exe yang saya download berukuran sekitar 25,2 MB. Ketika tutorial ini ditulis, versi terakhir Python adalah 3.8.1.

Jika anda menggunakan sistem operasi lain seperti Linux, atau Mac OS, aplikasi python juga tersedia. Namun dalam tutorial ini saya akan membahas cara instalasi python di Windows saja.

Sedikit catatan, Python versi 3.5 ke atas (termasuk Python 3.7) tidak bisa dipakai di Windows XP. Jika anda masih menggunakan Windows XP, silahkan pilih Python 3.5 ke bawah.

1.1.2 Cara Menginstall Python

Setelah file Python berhasil di download, kita bisa masuk ke proses instalasi. Klik dua kali file python-3.8.1.exe.

File Installer Python 3.8.1

Selanjutnya akan tampil jendela awal instalasi Python seperti gambar dibawah ini:

Jendela pertama proses instalasi Python

Centang pilihan “Add Python 3.8 to PATH” di bagian bawah jendela (1). Ini berguna agar python interpreter bisa diakses dari lokasi mana saja. Setelah itu klik tombol “Install Now” (2). Proses instalasi akan berlangsung beberapa saat.

Proses instalasi Python sedang berlangsung

Proses instalasi Python sudah selesai

Setelah selesai, akan tampil jendela “Setup was successful“. Langsung saja klik tombol “Close“.

Di bagian bawah jendela ini sebenarnya terdapat pilihan untuk mematikan fitur Windows: “Disable path length limit“. Saya memilih untuk tidak mengaktifkannya karena batasan ini kadang berguna saat membuat aplikasi Desktop. Jika ini diaktifkan, program yang kita buat bisa bermasalah di komputer lain yang memiliki setingan path length limit.

Selanjutnya periksa di bagian Menu Windows, lalu cari Python 3.8. Kalian akan mendapati 4 file dalam menu ini:

  • IDLE (Python 3.8)
  • Python 3.7
  • Python 3.8 Manual
  • Python 3.8 Module Docs

Menu Python di Windows

Apa saja fungsi dari ke-4 menu ini? Dan bagaimana cara menjalankan kode Python? Kita akan bahas dalam tutorial selanjutnya: Cara Menjalankan Kode Program Python.

Untuk menandakan apakah python sudah terconfigurasi, caranya buka CMD ketikkan python --version. Jika sudah terkonfigurasi maka akan muncul seperti gambar berikut :

1.2  Mendownload dan Menginstall Pycharm

1.2.1  Cara Mendownload Pycharm

Pycharm adalah salah satu IDE/text editor yang biasa digunakan dalam penulisan code python, Pycharm dikembangkan oleh perusahaan Ceko JetBrains. Penulis sangat menyarankan developer python pemula untuk menggunakan Pycharm ini. untuk instalasinya, silahkan download dulu softwarenya di https://www.jetbrains.com/pycharm/download/ dan silahkan pilih sesuai dengan sistem operasi yang digunakan dan silahkan pilih yang comunity untuk penggunaan free.

1.2.2  Cara Menginstall Pycharm

Setelah file Pycharm berhasil di download, kita bisa masuk ke proses instalasi. Klik dua kali pycharm-community-2019.3.1.exe.

File Installer Pycharm Community

Selanjutnya akan tampil jendela awal instalasi Pycharm seperti gambar dibawah ini:

Jendela pertama proses instalasi Pycharm

Tekan next saja, lalu muncul jendela berikut untuk menentukan lokasi dimana Pycharm akan diinstall.

Jendela menentukan lokasi penginstallan Pycharm

Lalu tekan next,next sampai proses instalasi.

Proses instalasi Pycharm

Proses instalasi Pycharm

Selanjutnya tekan finish. Centang Run Pycharm Community Edition jika ingin langsung membuka Pycharm.

Jendela Privacy Policy

Jendela Privacy Policy

Jika muncul jendela privacy policy, klik centang dah tekan Continue.

Pycharm sedang berjalan
Pycharm sedang berjalan

Proses instalasi pycharm sudah selesai. untuk sistema operasi windows, aplikasi pycharm yang sudah di install tadinya akan bisa di lihat di desktop atau di start menu.  berikut tampilan dari IDE Pycharm :

Tampilan IDE Pycharm

Tampilan IDE Pycharm

 

Nah sekian dulu artikel Tutorial Persiapan dan Instalasi Python di Windows. Semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin mempelajari Python. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yaaaa. Dadahhh......ヾ(^-^)ノ

 

Sumber :

https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-python-cara-mendownload-dan-menginstall-python/

https://www.malasngoding.com/instalasi-python-di-windows/

Follow Us