Artikel

Materi: Pengenalan Python

Creator: Raka Janitra A.

Publisher: Devina Vallery

 

Haii, teman-teman! Bagaimana kuliahnya? Semoga lancar-lancar saja, ya. Dan Bagaimana kabarnya? Semoga kalian dalam kondisi sehat-sehat saja ya? Aamiin, aamiin ya Rabbal'aalamiin. Ya, kembali lagi ke Artikel HIMASIS Politeknik STMI Jakarta. Dan untuk kesempatan kali ini, admin ingin memperkenalkan Bahasa Pemrograman yang sangat Populer di kalangan programmer saat ini, khususnya untuk Web Developer. Jika teman-teman sudah tidak asing lagi dengan PHP, maka kita akan menicipi bagaimana bekerja di Enviroment Python.

Mengapa Harus Belajar Python ?

Jika pembaca yang khususnya berasal dari Mahasiswa Politeknik STMI Jakarta untuk saat ini, tepatnya saat artikel ini ditulis pada bulan Januari 2020, Python belum di perkenalkan di kampus kita. Untuk Algoritma Pemrograman dan Struktur Data di kampus kita masih menggunakan Bahasa Pemrograman Java atau menggunakan .NET sebagai alternatif implementasi logikanya. Dan kebanyakan dari teman-teman kampus luar menggunakan Bahasa C, C++, atau Java, sebagai implementasinya.

Namun perintah dalam bahasa C atau C++ lumayan rumit karena banyak melibatkan simbol-simbol seperti tanda kurung kurawal { }, %c, %d, %f, %s,  serta perintah dengan kata-kata abstrak seperti; void, cin, cout, atau sebagainya, yang membuat kita sering kali bingung dalam melakukan pengkodeannya.

Sekarang muncul bahasa pemrograman yang sangat sederhana; Python. Python ini sendiri merupakan bahasa turunan dari Bahasa C, ataupun bahasa yang mengawinkan beberapa fitur terbaik dari Bahasa C dengan C++. Meskipun demikian, python mengijinkan kita menggunakan beberapa fitur dari bahasa C dalam proses pengkodeannya, contohnya ; %d, %f, %s, dll. Yang dimana Fitur itu seharusnya bagian dari bahasa C.

 

Siapa Saja Para Pengguna Python ?

Untuk saat ini, sudah banyak sekali digunakan oleh perusahan-perusahaan raksasa yang bergerak di Information Technology (IT) dalam tahapan pengembangan sistem aplikasi mereka. Produk-produk dari Google, Youtube, Reddit, Netflix, dll. Hal ini dikarenakan Python mempermudah dalam menjembatani antara manajemen dengan kebutuhan konsumen.  Python banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi di berbagai bidang ; Machine Learning, Web Development, Data Science, Network Programming.

 

Keunggulan Python

Mengutip dari Buku Mudah Belajar Python untuk Aplikasi Web dan Dekstop, Budi Raharjo. Secara umum, para programmer memutuskan untuk beralih ke Python dengan beberapa alasan ;

  • Python memiliki konseptual desain yang sederhana—syntaxnya. Yang berfokus pada kemudahan dalam penggunaan. Kode Python dirancang untuk mudah dibaca, dipelajari, digunakan ulang, dan dirawat. Selain itu, Python mendukung paradigma Oriented Object Programming atau yang sering dikenal oleh kita OOP. Python juga dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu dalam pengkodean

 

 

Sekian dulu artikel mengenai Python ini. Semoga bermafaat untuk para pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! ????????

Follow Us