Artikel

Assalamualaikum Warrohmatullohi wabarokatuh,selamat malam semuanya. Apa kabar semuanya? Kali ini mimin mau bahas tentang jaringan. Selain cisco packet tracer ternyata masih banyak loh teman-teman yang dapat dicoba untuk membuat jaringan. Walaupun hanya sebuah simulator, aplikasi jaringan ini hampir sama dengan yang aslinya. Penasaran? Yuk langsung aja baca artikel dibawah ini. Selamat membaca teman-teman.

  1. Cisco Packet Tracer

Packet Tracer sejatinya adalah sebuah software atau aplikasi simulasi jaringan yang dibuat dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan terkemuka di bidang jaringan bernama Cisco Systems. Perusahaan ini telah lama dan sangat expert di bidang jaringan beserta penyediaan tools atau alat alat jaringan.Packet Tracer adalah suatu software atau aplikasi simulator jaringan. Pada saat anda melakukan berbagai kegiatan dengan bantuan PC dan internet, pernahkah anda bertanya tanya bagaimana cara data yang ada di internet bisa sampai di komputer atau PC yang anda gunakan? Seperti yang anda semua ketahui bahwa dunia internet itu jika digambarkan tak ubahnya seperti jaring laba-laba besar. Anda dan server tempat data anda ditaruh terhubung oleh berbagai macam aliran jaringan, dari komputer ke modem, kemudian disambungkan ke router lalu disambungkan ke router lain hingga akhirnya berujung di server tersebut. Kemudian baru anda dapat mengakses data yang dimaksud. Kurang lebih begitulah cara kerja internet.

  1. GNS3

 

GNS3 adalah aplikasi simulator jaringan (Graphic Simulator Network) berbasis GUI yang di rilis pada tahun 2008. Dengan GNS3 kita bisa mensimulasikan perangkat asli baik dengan bantuan emulator ataupun teknologi virtualisasi. Prinsip kerja GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputer anda, sehingga PC anda dapat berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwitch Card. GNS3 merupakan tool pelengkap yang mudah dan murah sehingga membantu anda untuk mempersiapkan diri memperoleh Cisco certification, seperti CCNA, CCNP, CCIP, bahkan CCIE.

  1. Cisco Aspire CCNA Edition

Merupakan "Game pendidikan yang dibuat oleh perusahaan jaringan terkemuka di dunia yaitu CISCO. Game ini sangat bagus untuk kita memahami konsep jaringan dan bagaimana bekerja di sebuah jaringan". 

Cisco CCNA Aspire Edition dimaksudkan untuk memberikan pengguna kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknis mereka. Cisco CCNA Aspire Edition memiliki media-fidelity, jaringan-mampu, lingkungan pembelajaran berbasis simulasi yang memungkinkan siswa untuk merancang jaringan, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan komputer pada tingkat CCNA Cisco ® kompleksitas.

  1. IPSims

Pada permainan yang berjudul IPSims ini, pemain dihadapkan pada simulasi jaringan komputer, layaknya jaringan komputer pada dunia nyata, pemain harus memberikan alamat IP, subnet mask, dan gateway dengan benar pada tiap – tiap router dan host yang tersedia di tiap stage.

IPSims dilengkapi dengan fitur upload score online, sehingga pemain dapat menunjukkan nilai yang telah dicapai ke pemain lainnya. Selain dapat mengupload score, pemain juga dapat menunjukkan nilainya melalui posting di Twitter, Facebook, atau MySpace. 

  1. iNetwork

Software ini dipakai untuk membuat simulasi jaringan komputer mulai dari jaringan yang simple sampai jaringan yang rumit.Fitur yang ada di sofware ini sudah lebih dari cukup untuk  memahami bagaimana cara jaringan bekerja. Fitur utama dari software ini   mampu mensimulasi cara kerja DHCP server, DNS server, Webserver, Mail server, Routing (Static dan dinamic/Ripv1) Gateway dan firewall. Untuk masing masing node bisa dihidupkan dan dimatikan serta adanya fitur “Command prompt” ala windows.

Nah itu dia teman-teman aplikasi yang dapat digunakan dalam simulator jaringan. Sekian dari mimin semoga informasinya bermanfaat. Selamat mencoba semuanyaaaa…

 

 

Jangan lupa follow akun sosmed HIMASIS ya teman-teman

 

Instagram : himasis.poltekstmi
Twitter : himasis_stmi
Line : dvi7002o
Youtube : HIMASIS Politeknik STMI

 

 

#SALAMPERUBAHAN

#SALAMPERSATUAN

#SALAMKERJABERSAMA

 

 

 

 

Referensi

 

https://www.jawarafile.com/download-cisco-packet-tracer-terbaru/

 

https://books.google.co.id/books?id=se3Avg_f7U0C&pg=PA1&dq=GNS3&hl=id&sa=X&ved=

0ahUKEwjekvedofLhAhVGiHAKHTiLCdQQ6AEINjAB#v=onepage&q=GNS3&f=false

https://ngonfig.net/gns3.html

 

https://djuiwogendheng.blogspot.com/2018/06/mengenal-networking-tool-gns3.html

 

http://mint.stikom-db.ac.id/2013/06/cisco-aspire-ccna-edition-game-simulasi-jaringan/

 

http://www.gameedukasi.com/2011/05/ipsims-permainan-simulasi-setting-ip/

 

http://www.candra.web.id/belajar-jaringan-dengan-inetwork-simulator/