Artikel

11th DIES NATALIES HIMASIS

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang rekan rekan himasis apa kabar hari ini? Mimin harap rekan rekan dalam keadaan baik baik ya amin laughing

Tepat tanggal 27 juni 2019 Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi berulang tahun yang ke-11 tahun loh.

Wah tidak terasa ya sudah 11 tahun HIMASIS telah bekerja dengan baik dan harapan kedepannya akan terus lebih baik. Amin.

Banyak hal hal yang sudah dilakukan Himasis dalam penerapannya di berbagai program program kerjanya, suka duka  dijalani tanpa kenal kelah demi sebuah kemajuan organisasi banyak program program kerja yang dibuat untuk meningkatkan sisi akademik mahasiswa – mahasiswa SIIO baik dalam bentuk pelatihan, maupun sebuah seminar yang nantinya akan berlangsung. Seminar tersebut tentunya bertemakan tetang akademik yang pastinya akan membuka wawasan, pemikiran kita tentang hal hal baru. ya, karena itu merupakan salah satu tujuan kami untuk meningkatkan akademik mahasiswa mahasiswa SIIO Politeknik STMI Jakarta.

Dalam 1 tahun belakang ini ada beberapa perubahan yang alhamdulillah perubahan itu menjadikan kami 1 langkah lebih maju dari sebelumnya diantaranya tampilan wajah sekretariatan himasis yang lebih berwarna ini bertujuan untuk memberikan nilai estetik di dalam sekre himasis.

Dalam rangka 11th Dies Natalies, HIMASIS akan menyelenggarakan 2 runtutan acara yakni Himasis Mengajar dan Seminar & Talkshow. Yuk kita simak penjelasan kedua acara ini.

  1. Himasis Mengajar

Diusung dengan tema “Be Smart With Himasis” yang merupakan acara kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di SMK Negeri 2 Jakarta pada tanggal 3 Agustus 2019. Apa saja yang dilakukan dalam himasis mengajar? Jadi, Himasis ingin mempersembahkan untuk adik-adik SMK Negeri 2 Jakarta sebuah pengalaman seru dengan tujuan untuk membangkitkan motivasi para siswa untuk belajar dengan kakak-kakak dari Himasis. Mengapa diadakan acara ini? Karena untuk memperingati ulang tahun HIMASIS yang ke -11 kami ingin memberikan suatu hal baik dengan sepenuh hati terhadap sesama untuk mendapatkan manfaat yang baik pula.

2. Seminar & Talkshow

Seminar tahun ini mengangkat tema “Big Data For Bussiness”. Sesuai dengan temanya  acara ini bertujuan untuk memperkenalkan serta mengupas apa itu Big Data.. Untuk teman-teman masih belum paham mengenai big data.

Apa itu Big Data ?

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis. Tidak hanya besar data yang menjadi poin utama tetapi apa yang harus dilakukan organisasi dengan data tersebut. Big Data dapat dianalisis untuk wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik.

Keuntungan dan fungsi Big Data dalam dunia bisnis dibandingkan dengan data processing tradisional yaitu :

  1. Cost Reduction

Program yang disusun secara sistematis untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas industry melalui reduksi dan eliminasi pemborosan secara terus menerus terhadap semua aktifitas yang terjadi dan terlibat dalam system industry. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan daya saing produk di pasar baik dari segi kualitas, kompetisi harga dan tingkat kepuasan pelanggan.

  1. Faster, Better decision making

Lebih cepat dan lebih baik dalam pengambilan keputusan, dengan kecepatan teknologi Big Data seperti hadoop dalam melakukan analisis dengan dikombinasikan kemampuan untuk menganalisis berbagai macam sumber data baru membuat Big Data mampu menganalisis informasi lebih cepat dan membuat keputusan dari hasil analisa tersebut.

  1. New Products and Services

Melahirkan produk dan layanan baru, dengan kemampuan mengukur kebutuhan dan kepuasan pelanggan mendatangkan keunggulan dari bisnis untuk menciptakan produk dan layanan baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Dengan seminar Data Science ini sangat bermanfaat bagi seluruh peserta dimana kita lebih paham dengan jelas mafaat Big Data yang sangat membantu kehidupan kita sehari – hari maupun kmembantu kehidupan profesi kita, seperti contoh yang dijelaskan penerapan Big Data dapat membantu dunia nelayan dengan :

  • Meningkatkan jumlah tangkapan
  • Efisiensi bahan bakar
  • Profiling aktivitas nelayan
  • Pemetaan potensi hasil tangkapan
  • Mengontrol produksi perikanan
  • Prediksi musim tangkap
  • Akses pasar yang tepat dan lebih baik
  • Mencegah illegal fishing

Siapa saja kah pembicara dalam seminar ini ?

  1. Bagus Rully Muttaqien

          Chief, Community Management & Founder at idbigData, Indonesia BIG DATA Community

  1. Beno Kunto Pradekso, Msc.

          CEO & Founder PT Dua Empat Tujuh, (Solusi 247)

  1. Ike Kurniati

          Data Scientist Practitioner at Cybertrend Intrabuana

Buat temen-temen yang ingin memperdalam mengenai big data dan bagaimana mengolahnya dengan baik wajib banget ikut seminar ini. Selain pengalaman dan motivasi bakal dapet doorprize bagi temen-temen yang beruntung dan juga dapet setifikat yang bermanfaat nantinya untuk dunia kerja.

Yuk langsung aja daftar, jangan sampai kehabisan tiketnya yaaa winkwink

LINK PENDAFTARAN

 

 

Jangan lupa follow akun sosmed HIMASIS ya teman-teman

 

Instagram : himasis.poltekstmi
Twitter : himasis_stmi
Line : dvi7002o
Youtube : HIMASIS Politeknik STMI

 

 

#SALAMPERUBAHAN

#SALAMPERSATUAN

#SALAMKERJABERSAMA