Artikel

Halo teman-teman,apa kabar semuanya?mimin mau share cara install Cisco Packet Tracer,sebelumnya mimin udah jelasin dari pengertian jaringan dan gambaran sedikit mengenai Cisco Packet Tracer, sebelum mempraktekannya kita install terlebih dahulu softwarenya,Cisco ini merupakan free software,artinya teman-teman bisa download dimana-mana. Oh iya,nanti di lain waktu mimin kasih tau gimana caranya membuat jaringan dengan beberapa alat pendukung. Yuk langsung kita liat cara install Cisconya,cekidot…

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah download software Cisco Packet Tracer terlebih dahulu,teman-teman bisa downloadnya disini(https://www.netacad.com/courses/packet-tracer)dibawah ini merupakan tampilan pertama. Selanjutnya klik yang mimin kotakin warna merah,teman-teman akan diarahkan ke halaman lain

 

Biagan selanjutnya adalah teman-teman harus membuat akunnya terlebih dahulu agar ketika masuk aplikasi Cisco,kita tidak harus menggunakan guest user,karena guest user hanya bersifat sementara.

 

Di bagian ini teman-teman disuruh mengisi data.

 

 

Setelah itu klik bagian yang sudah di kotaki warna merah

 

Teman-teman pilih Student Resources,kalo teman-teman memilih Launch Course,nanti akan diarahkan ke halaman yang berisi tentang tutorial-tutorial tentang cisco packet tracer dalam membuat sebuah jaringan namun dalam Bahasa Inggris,nanti mimin akan membuat contoh simpel dalam membuat sebuah jaringan.

 

Nah dihalaman selanjutnya klik download and install the latest version of packet tracer yang sudah dikotaki warna merah

 

Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman dimana teman-teman disuruh memilih ingin mendownload yang mana,karena disini mimin menggunakan sistem operasi windows 64bit maka,mimin pilih packet tracer 7.2.1 for windows 64.zip

 

 

 

               

 

 

Setelah kalian mendownload filenya,maka langkah selanjutnya adalah teman-teman extract filenya untuk melakukan proses instalasi,kalian langsung next2 aja,seperti contoh dibawah ini,namun jangan lupa di I accept the agreement setelah itu di next untuk melakukan proses instalasi.

Setelah kalian klik next maka yang akan muncul adalah tampilan seperti yang ada dibawah ini,teman-teman harus login terlebih dahulu,akunnya menggunakan ketika kita tadi daftar melalui web netacad,yuk teman-teman langsung login.    

Nah ini adalah tampilan layar kerja pertama setelah melakukan proses installasi yang panjang

Mimin mau kasih tau ke teman-teman,setelah artikel ini kita akan mempraktekan Cisco Packet Tracer dan mengenal fungsi fitur yang ada di software ini. Semoga ilmu yang mimin bagikan bermanfaat bagi teman-teman. Sekian dari mimin, semangat semuanya.

 

 

Jangan lupa follow akun sosmed HIMASIS ya teman-teman

 

Instagram : himasis.poltekstmi
Twitter : himasis_stmi
Line : dvi7002o
Youtube : HIMASIS Politeknik STMI

 

 

#SALAMPERUBAHAN

#SALAMPERSATUAN

#SALAMKERJABERSAMA