Artikel

Jaringan komputer adalah himpunan interkoneksi antara 2 komputer otonomis atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (Syafrizal, Melwin. 2005). Pengertian yang lain dari jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dan membentuk sebuah jaring-jaring yang dapat saling berhubungan satu sama lain. Tidak hanya saling terhubung, tetapi dapat dimanfaatkan untuk berbagi sumber daya (printer,CPU),berkomunasi(pesan instan,surel),dan dapat mengakses informasi (browsing,web).

Adapun jaringan komputer dibuat dengan tujuan:

  • Memudahkan seseorang dalam berkomunikasi satu sama lain yang dapat mencakup jarak dekat maupun jauh.
  • Menghemat biaya dan tenaga dalam menyampaikan informasi.
  • Mendapatkan informasi secara cepat dan akurat.
  • Dapat memanfaatkan sumber yang terbatas, seperti berbagi printer, berbagi ruang hard disk, dll.

Nah sudah tahu kan apa tujuan dari jaringan komputer tersebut? apa saja sih manfaat yang sudah kita rasakan dari jaringan komputer saat ini?berikut ulasannya:

  • Dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang mungkin jauh dari jangkauan kita. Media yang sering kita gunakan misalnya Facebook, Twiter, Skype.
  • Dapat mengirimkan informasi dengan cepat dan akurat. Seperti saat kita mengirimkan tugas ke dosen, mengirimkan data pekerjaan, dll.
  • Dapat melihat perkembangan berita dari mancanegara. Media yang digunakan seperti detik.com, kaskus.co.id, kompas.com.
  • Dapat berbagi perangkat hardware/software yang sumbernya terbatas, seperti berbagi printer, program, dll.

Dalam membangun sebuah jaringan komputer, seseorang itu harus mempunyai keterampilan dalam hal logika, keakuratan dalam mengambil keputusan, dan dapat mendiagnosa suatu permasalahan yang terjadi. Sebuah jaringan harus memiliki konsep dasar yang memenuhi standar berikut ini:

  • Konektivitas: perangkat dapat saling terhubung satu sama lain sehingga dapat saling bertukar informasi/sumber daya.
  • Stabilitas: terbukti bahwa jaringan tersebut stabil dan layak akan digunakan
  • Fungsional: jaringan tersebut dapat memenuhi tujuan awal dan sesuai kebutuhan.

Sebuah jaringan komputer minimal terbentuk dari dua komputer yang saling terhubung sehingga masing-masing dapat membagi sumber dayanya (resource sharing) atau saling berkomunikasi bertukar data. Dalam mendesain jaringan yang memenuhi standar tersebut, jaringan yang telah dibuat haruslah diuji terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan pengguna dalam berkomunikasi di jaringan yang kita buat.

Nah buat temen-temen yang mau belajar jaringan bisa melalui simulasi terlebih dahulu, banyak sekali aplikasi yang bisa dijadikan simulasi membuat jaringan, salah satunya dalah cisco packet tracer, aplikasi ini sanagat membantu sekali untuk pemula yang ingin belajar tentang jaringan. Aplikasi ini gratis, yuk langsung aja kita perkenalan dengan aplikasi cisco packet tracer ini sebelum didownload.

 

CISCO PACKET TRACER

Cisco Packet Tracer adalah software simulator jaringan yang diluncurkan oleh Cisco System yang di fungsikan sebagai media pembelajaran,pelatihan dan juga penelitian simulasi jaringan komputer. Software ini disediakan gratis untuk semua kalangan yang ingin belajar atau melakukan pelatihan dan penelitian. Tujuan utama Cisco System membuat aplikasi ini adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar maupun orang-orang yang berminat terhadap jaringan agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun kemampuan di bidang peralatan jaringan Cisco.

Sebenarnya masih banyak software simulasi jaringan komputer yang dapat digunakan,seperti GNS3, Boson,Netsim,dll., tetapi yang lebih mudah digunakan adalah Cisco Packet Tracer ini karena image devicenya telah disediakan menjadi satu paket dalam software. Pada GNS3 anda harus mencari image IOS devicenya terlebih dahulu yang akan digunakan untuk menjalankan operating system si perangkat jaringan yang dipilih,

Target Packet Tracer yang di tawarkan cisco adalah menyediakan simulasi jaringan yang real (asli),namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya, yaitu pengurangn command pada CISCO IOS. Packet Tracer juga tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produktif/aktif. Namun demikian, software ini masih banyak digunakan karena bagus untuk dikembangkan sebelum kita terjun langsung ke hardware jaringan yang sebenernya.

Sekian tutorial kali ini, di lain waktu mimin bakal bahas jaringan lebih dalem lagi. Pantengin terus Web HIMASIS. Selamat belajar semuanya.

 

Sumber:

Ariawal, Dian dan Onno Purbo. 2016. Simulasi Jaringan Komputer dengan Cisco Packet Tracer. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Jangan lupa follow akun sosmed HIMASIS ya teman-teman

 

Instagram : himasis.poltekstmi
Twitter : himasis_stmi
Line : dvi7002o
Youtube : HIMASIS Politeknik STMI

 

 

#SALAMPERUBAHAN

#SALAMPERSATUAN

#SALAMKERJABERSAMA

Follow Us