Artikel

 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,apa kabar semuanya?pasti pada nunggu post an terbaru mimin yaa. Nah kali ini mimin mau post tentang AutoCAD 2015. Pembahasan pertama kita mengenal dulu apa itu AutoCAD nanti di materi selanjutnya kita akan membuat gambar 2D dan 3D yang berhubungan dengan otomotif. yuk langsung baca dulu pengenalan AutoCAD 2015,cekidot...

  • Penjelasan AutoCAD

               AutoCAD merupakan salah satu produk CAD(Computer Aided Design) yang dikembangkan oleh Autodesk Inc,sebuah perusahaan perangkat lunak raksasa Amerika yang                    mengkhususkan diri membuat program-program komputer grafis. AutoCAD sangat universal,dipergunakan hampir di seluruh bidang rekayasa(engineering) yang memanfaatkan              keunggulan CAD untuk menunjang pekerjaan.

         Pembahasan kali ini yaitu tentang software AutoCAD 2015, yang berjalan dibawah system operasi windows 10. untuk menjalankan program AutoCAD 2015 klik tombol start pada           taskbar kemudian langsung ketikkan AutoCAD 2015. Selanjutnya pilih ikon AutoCAD 2015 hingga keluar tampilan AutoCAD 2015

 

           

 

          Selain dengan cara di atas, AutoCAD 2015 juga dapat dijalankan dengan mengklik ganda shortcut AutoCAD 2015 yag tampil pada layar monitor/desktop.

             Apabila di komputer belum terdapat program AutoCAD 2015 seperti gambar 1 di depan, maka harus terlebih dahulu diinstall programnya. Untuk dapat memasang program                  AutoCAD 2015, Autodesk Inc merekomendasikan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak sebagai berikut.

  • System requirements for AutoCAD 2015

Operating System

Microsoft® Windows® 8/8.1

Microsoft Windows 8/8.1 Pro

Microsoft Windows 8/8.1 Enterprise

Microsoft Windows 7 Enterprise

Microsoft Windows 7 Ultimate

Microsoft Windows 7 Professional

Microsoft Windows 7 Home Premium

CPU system

For 32-bit AutoCAD 2015:

·         32-bit Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon™ Dual Core, 3.0 GHz or higher with SSE2 technology

For 64-bit AutoCAD 2015:

·         AMD Athlon 64 with SSE2 technology

·         AMD Opteron™ with SSE2 technology

·         Intel® Xeon® with Intel EM64T support with SSE2 technology

·         Intel Pentium 4 with Intel EM64T support with SSE2 technology

Network

·         Deployment via Deployment Wizard.

·         The license server and all workstations that will run applications dependent on network licensing must run TCP/IP protocol.

·         Either Microsoft® or Novell TCP/IP protocol stacks are acceptable. Primary login on workstations may be Netware or Windows.

·         In addition to operating systems supported for the application, the license server will run on the Windows Server® 2012, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2008, Windows 2008 R2 Server editions.

·         Citrix® XenApp™ 6.5 FP1, Citrix® XenDesktop™ 5.6

Memory

2 GB (8 GB recommended)

Display Resolution

1024x768 (1600x1050 or higher recommended) with True Color

Display Card

Windows display adapter capable of 1024x768 with True Color capabilities. DirectX® 9 or DirectX 11 compliant card recommended but not required.

Disk Space

Installation 6.0 GB

Pointing Device

MS-Mouse compliant device

Digitizer

WINTAB support

Plotter/Printer

Same as AutoCAD 2013-2014 — system printer and HDI support

Media (DVD)

Download and installation from DVD

Browser

Windows Internet Explorer® 9.0 (or later)

Side-by-side Install

Supported

ToolClips Media Player

Adobe® Flash® Player v10 or up

.NET Framework

.NET Framework Version 4.5

 

  • Tampilan AutoCAD 2015

                  Nah begini lah tampilan AutoCAD 2015,pada tampilan banyak sekali icon-iconnya,icon tersebu memiliku fungsinya masing-masing loh teman-teman.apa aja sih fungsinya

            yuk langsung simak di bawah ini,sebelum itu perhatikan dulu tulisan yang ada di gambar

          

  • Nah yang pertama ini ada Menu Browser

      Menu Browser: Jika kalian klik simbol A di ujung kiri atas dengan tanda segitiga kebalik kebawah maka akan muncul beberapa perintah standart seperti:

  • New : Untuk membuka lembar kerja baru
  • Open : untuk membuka file
  • Save  : Untuk menyimpan hasil olah data
  • Save As : Menyipan file yang sudah ada atau yang sudah di edit dengan nama lain
  • Export : Untuk export data ke (DWF, DWFx, 3D DWF, DGN, DXF, PDF, FBX, dan format – format lain )
  • Publish : untuk di sharing via internet, sebagai archive dll
  • Print : untuk mencetak Hasil olahan data
  • Close : Untuk menutup aplikasi, ada dua pilihan yang pertama menutup lembar kerja yang sedang dikerjakan dan yang kedua semua lembar kerja
  • Drawing Utilities : ada beberapa perintah untuk pengoperasian seperti ( Drawing Properties, Drawing setting, Units, Audit, Status, Purge, Recovery, Open the drawing recovery, dan Update block icon )
  • Workflow : untuk memanagement workflow
  • Quick Access: fungsi menu ini hampir sama dengan Menu browser hanya saja ada beberapa tambahan seperti properties, match properties dan deretan tombol workspace yang aktif di susun berderet tombol - tombol simbol icon. Tombol – tombol ini bisa kalian muncul dan sembunyikan, tinggal di klik pada tombol drop down segitiga di atas, selanjutnya kalian beri tanda centang pada simbol yang akan dimunculkan. Untuk mengganti workspace yang aktif tinggal klik tombol drop down pada workspace dan selanjutnya tinggal kalian klik saja. Silahkan di coba satu persatu ya semangat nih !!
  • Ribbon dan Panel: dalam tampilan 3D workspace, ribbon dan panel sangat terlihat mencolok. Ribbon menampilkan tombol – tombol perintah autocad yang dikelompokan dalam panel sesuai dengan fungsinya.
  • Command line: fungsinya untuk memasukan input perintah, koordinat, besaran atau harga yang di inginkan untuk di proses oleh AUTOCAD. Biasanya pengguna yang telah hafal sortkey akan menggunakan command line ini karena lebih mudah dan cepat dalam pembuatan object di autocad.
  • Statusbar: menunjukan settingan dan file autocad yang sedang aktif. Beberapa feature disini membantu dalam membuat model yang persisi dan biasanya dilengkapi dengan sortkey
  • Area gambar: atau bisa disebut drawing area. Disinilah kita bisa membuat dan memodifikasi object gambar pada autocad. Drawing area ini dibedakan menjadi dua yaitu mode space dan Paper space. Pada mode space inilah kita mengolah dan memodifikasi gambar sedangkan pada mode paper space atau layout lebih di pakai untuk proses mencetak gambar, memang pada mode space juga sudah bisa dipakai untuk mencetak gambar atau plotting namun jika kalian menggunakan gambar tiga dimensi maka diharuskan untuk mengubah ke mode paper space ini untuk percetakan. Biasanya pada mode paper space ini kita bisa menyesuaikan dengan kertas yang akan di pakai sehingga skala gambar yang digunakan sesuai. Pada kedua mode ini juga dilengkapi dengan simbol UCS atau orientasi sumbu X, Y. 
  • Kursor mouse: dalam penggunakan Autocad ini sangat dianjurkan untuk menggunakan mouse karena ini mempermudah pengolah data. Klik kiri pada mouse berfungsi untuk memilih, klik kanan fungsinya sama dengan klik kanan pada umumnya yang nanti akan memunculkan beberapa options, scroll ke atas fungsinya untuk zoom in atau memperbesar, scroll ke bawah fungsinya untuk zoom out atau memperkecil tampilan display, sedangkan jika scroll ditekan maka fungsinya sama dengan pan untuk menggeser tampilan gambar. Nah kalau kalian tidak memakai Mouse bayangkan betapa ribetnya harus selalu klik kanan pilih optional zoom dan pan, klik kiri balik lagi klik kanan untuk exit, ya .. begitulah. Berapa waktu yang tersita untuk klik kanan klik kiri, dan klik kanan lagi, sedangkan kalau kalian ingin profesional sebaiknya bekerja dengan cepat dan teliti. Memang ini tahap penegenalan Autocad tapi saya anjurkan menggunakan mouse ya, biar hemat waktu
  • Pengaturan Units

              Nah sebelom kita membuat atau menggambar objek,kita perlu mengatur yang namanya daerah kerja. Untuk melakukannya teman-teman harus menentukan sistem ukuran                yang ingin digunakan. Kita bisa menentukan sistem ukuran unit seperti meter, centimeter, atau milimeter, sesuai dengan satuan yang kita pilih. Adapun cara untuk menetapkan              ukuran unit dapat dilakukan dengan menggunakan command maupun dari menu Format. Untuk melakukannya Anda harus menentukan sistem ukuran yang ingin digunakan.

              Kita bisa menentukan sistem ukuran unit seperti meter, centimeter, atau milimeter, sesuai dengan satuan yang Anda pilih. Adapun cara untuk menetapkan ukuran unit dapat              dilakukan dengan menggunakan command maupun dari menu Format.

          

  • Mengenal toolbar

          Kita sudah mengenal bagian interface atau  lingkungan kerja di Autocad, nah dalam tips berikut kita bahas sedikit toolbar yang sering digunakan untuk menggambar object.                   Toolbar yang sering digunakan adalah sebagai berikut: 

           

  • Toolbar untuk menggambar objek mulai dari garis dst, terletak sebelah kanan layar anda. 

          

  • Toolbar untuk memodifikasi objek mulai dari menghapus object terletak sebelah kiri layar  anda 

          

  • Toolbar untuk memodifikasi layer dan gambar di layers

          

  • Seperti program lainnya yang berbasis windows. Toolbar standar di gunakan untuk membuat layar kerja baru,membuka,menyimpan file,etc. nah di AutoCAD toolbar di atas mulai gambar tangan(PAN) digunakan menggeser objek atau kalo pake mouse tekan tombol scrool bar. toolbar selanjutnya adalah untuk zoom gambar atau bisa juga di wakili oleh scrool bar,ke atas memperbesar gambar dan ke bawah mengecilkan gambar.

           

  • Alat bantu gambar di AutoCAD

          Dalam menggambar di AutoCAD ada beberapa alat bantu yang perlu kita ketahui dan kuasai alat bantu ini biasa saya sebut panel letaknya ada di bawah layar kerja AutoCAD.                  berikut ini adalah bentuknya:

          

  • Grid

           Berfungsi untuk melihat pada area gambar, gambar standard selalu mengikuti object GRID.Perintah Cepat : Tekan tombol F7 

  • Snap
    Yaitu perintah yang memungkinkan kursor mengunci Grid. Snap ini diperunakan unuk mengontrol agar object selalu mengenai grid. Perintah Cepat pada Keyborad : Tekan F9
  • Ortho
    Yang berfungsi sebagai perintah untuk membuat garis secara bebas atau garis tegak lurus . Perintah Cepat pada Keyborad : Tekan F8
  • Osnap 

           Adalah perintah yang sangat vital, osnap ini di pergunakan untuk akurasi menggambar object. Untuk itu kita lihat dulu settingan yang benar pada Osnap : Ketik pada keyboad :             ddosnap + Enter

Maka akan muncul seperti ini :

 

Nah teman-teman cukup sampai di sini dulu ya penjelasannya,nanti di artikel sealnjutnya mimin bakal bahas cara pembuatannya dalam bentuk 2D dan menjelaskan item-item yang di gunakan dalam pembuatan gambar 2d tersebut. Sekian dari mimin kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh.

 

 

REFERENSI

https://aryaagungchandra.wordpress.com/2016/09/13/tugas-1-laporan-makalah-ttg-cadd/

https://knowledge.autodesk.com/support/autocad/troubleshooting/caas/sfdcarticles/

sfdcarticles/System-requirements-for-AutoCAD-2015.html

http://spotteknik.blogspot.com/2017/04/pengenalan-autocad.html

https://heryenzuss.files.wordpress.com/2012/11/113584724-diktat-autocad1.pdf

https://tutorialtehniksipil.blogspot.com/2012/04/fungsi-gridsnaportho-dan-osnap-pada.html

 

 

#SALAMPERUBAHAN

#SALAMPERSATUAN