Artikel

           Hai sobat HIMASIS ! Apakabarnya semua nih ? Semoga baik baik aja yah,, Oh iya .. admin disini lagi sibuk sibuknya masa akhir periode nih, gak kerasa sebentar lagi udah mau abis periode, perasaan baru kemarin admin baru aja ngepost artikel meet & greeet. Buat sobat Himasis yang selama ini buka dan baca baca artikel tentang kita, terimakasih banyak ya kami bukan apa apa tanpa kalian, dan ngomong ngomong soal akhir periode di kesempatan kali ini admin mau cerita dan share soal proker proker yang udah HIMASIS kerjakan dari awal sampai sekarang .. Yap, SEMUAnya bakal admin ceritain dari awal dari sudut pandang admin dan teman teman BPH HIMASIS sendiri. Yuk langsung aja mulai.

          Yang pertama adalah Meet and Greet GGWP ( Greet and Gathering With People) yang merupakan proker pertama HIMASIS di periode ini , yang namanya  proker  meet and greet itu biasanya gak banyak panitianya dan rapatnya juga tidak se intens dengan proker besar, namun disini lah kebersamaan dan kekompakan kita di uji. Ujiannya banyak, mulai dari yang datang untuk rapat sedikit, dikebutnya pekerjaan perdivisi, sampai pencarian tempat untuk meet and greet itu sendiri, kalo admin sendiri boleh cerita, untuk  mencari tempatnya aja itu h-1 minggu baru diterima, Alhamdulillah meskipun mepet mepet kayak bajai tapi akhirnya dapat juga tempatnya. Nah sekarang admin bakal bahas pas hari H sendiri. Indonesia kalo gak ngaret itu bukan Indonesia namanya . hahaha. Oke lupakan soal ngaret mengaret, pokoknya di hari H Alhamdulillah kita mendapat cukup banyak perhatian dari mahasiswa angkatan 2017 yang baru masuk, karena peserta yang hadir ada sekitar 80an.

 

 

 

 

 

          Kami sebagai HIMASIS Memperkenalkan apa itu HIMASIS, dan kita berbagi berbagai ilmu yang bermanfaat untuk teman teman mahasiswa 2017 serta ada games games seru juga. Untuk berjalannya acara, Meet and Greet kali ini berjalan cukup lancar, ditambah tempat acara yang bagus, ya karena kali ini proker kita bertempat di Perpusnas, tempatnya bagus dan cocok untuk kalian anak-anak organisasi  ngadain proker – proker, yang penting memenuhi syarat dan timing pengajuannya tepat pasti dikasih ijin kok. Terus diakhir kita semua foto foto cans untuk kenang kenangan . Oh iya diproker ini, banyak hikmah untuk Admin pribadi karena baru kali ini jadi senior yang beneran senior disebuah organisasi, karena ikut berperan aktif buat mengenalkan HIMASIS ke angkatan yang lebih muda, meskipun begitu di HIMASIS tidak ada yang namanya senior junior karena semuanya sama, yaitu sama sama bekerja dan mengabdi untuk HIMASIS.

 

 

 

 

 

 

          Selanjutnya ada proker Pelatihan 1 HIMASIS yang bertema SOLVE (Simple Algorithm With VB.net) Ini nih proker yang ditunggu-tunggu mahasiswa 2017, pasalnya pas dibuka pendaftaran pelatihan ini kuota yang tersedia langsung abis gaes. Gak sampe 3 hari udah LUDES. Mantap memang antusiasme dari teman teman Mahasiswa 2017 ini. Proker ini sendiri intinya memberi pengenalan tentang VB.net yang kedepannya akan dipelajari teman teman SIIO 2017, jadi bisa dibilang proker ini isinya logika logikaan sama koding kodingan. Buat  yang baru ketemu Algoritma pasti pusing, itu juga yang diungkapkan salah satu peserta diawal – awal pelatihan. Tapi pas masuk ke bagian praktiknya semuanya bilang “Ohhh.. begini”. Ya gitulah , kadang praktik lebih mudah dimengerti dan asik ketimbang teori-teori yang membosankan.

 

          Untuk internal HIMASIS sendiri, selama proker ini kendalanya dan suka citanya lebih ke bagian teknis untuk hari H. Yaa karena harus lobby ruangan untuk pelatihan, terus minjem ini itu buat keperluan pelatihan dan yang pasti mencari siapa yang mau jadi pembicara .  Gak ada yang terlalu sulit jika dijalankan dengan sepenuh hati dan kebersamaan, yap berkat hal ini semuanya bisa berjalan sesuai rencana dan hasilnya juga memuaskan ditambah antusiasme yang besar dari teman teman mahasiswa SIIO 2017. Selama acara berjalan tidak ada kendala serius, ini semua tentang untuk lebih dekat supaya lebih mengerti , ya begitulah jadi untuk teman teman pembaca jangan takut atau ragu untuk bertanya apabila ada yang gak ngerti, ini untuk segala hal lloh bukan cuma untuk seminar seminar. Lanjut ke akhir acara, semuannya bekerja keras buat beres beres ruangan dan peralatan yang dipinjam, pokoknya banyak yang harus dirapihin sampai sedikit kewalahan, tapi Alhamdulillah proker yang diketuai Dipa ini akhirnya kelar dan tanpa masalah yang berarti.

 

 

          Setelah Pelatihan 1, ada proker TWITTER SPECTRUM SPECTRUM  (Training with Education and Regeneration Spectacular Unforgettable Moment with HIMASIS )  , ini adalah acara regenerasi tahunannya HIMASIS nih. Tiap tahun diadain dan banyak suka cita selama proker ini berjalan. Untuk Admin sendiri, proker ini cukup memberi banyak pencerahan bagaimana cara berorganisasi dan mengelola kewajiban kita sebagai anggota. Di Twittter kali ini, pesertanya gak sebanyak tahun lalu, tapi ada kata pepatah “Kualitas lebih penting daripada Kuantitas” nah itulah yang dapat disimpulkan dari proker TWITTER SPECTRUM kali ini. Kendala yang ada dari proker ini adalah susahnya menyatukan pikiran. Karena ini adalah proker besar dari HIMASIS jadi banyak yang terlibat sebagai panitia, dan banyak juga divisi-divisinya. Namun, dengan kedewasaan dan satu tujuan yaitu untuk HIMASIS, perbedaan pendapat dan pikiran tersebut justru menjadi kelebihan proker HIMASIS kali ini.

 

 

 

 

 

          Selama proker berjalan,  ada saja masalah dan suka citanya. Mulai dari BPH yang jalan jalan asik naik motor ke puncak, sampai ada cinlok katanya, ya admin sih gak tau ya siapa  pokoknya denger denger begitu , hehehe. Selama acara berlangsung, itu sangat menyenangkan karena pemandangan yang bagus dari vila sekitar, trus udaranya itu lloh dingin banget. Semua senang sampai akhirnya ada DPP yang mengkritik keras soal konsep Jurit Malam, karena waktu sudah malam dan kita sudah lelah sehabis acara, banyak dari anggota BPH yang acuh tak acuh, ya menurut admin sih wajar wajar saja, dan kesalahan yang ada juga bisa diambil untuk keuntungan proker yang akan berjalan kedepannya, intinya semua nya peduli sama HIMASIS dengan caranya masing masing. Jadi untuk kesimpulan Twitter kali ini, banyak masalah dan kesulitan yang dilalui namun pada akhirnya semua menjadi pelajaran untuk kita, dan yang penting dari proker yang diketuplaki Wibi ini,  HIMASIS mendapat 50an anggota muda baru, yang semoga kedepannya membawa HIMASIS lebih baik lagi, Aminn.

          Lalu abis itu ada Pelatihan – 2 temanya WINDOWS . Sesuai namanya ini pelatihan ke- 2 dari HIMASIS, temanya Web Desain yang Ketuplaknya Yusril.  Dproker kali ini, pasti ada aja tuh yang namanya masalah. Masalah utama dari pelatihan kali ini adalah siapa pembicara/pematerinya, terus mencari ruangan untuk pelatihan dan yang penting adalah materi yang diberikan. Gimana caranya teman teman Mahasiswa angkatan 2017 ini mengerti secara dasar dan teknik meskipun baru dikenalkan. Alhamdulillahnya, ada yang bisa jadi pembicara , namanya Bang Ojan (Nama Panjang Disamarkan). Bang Ojan ini orangnya jago lloh jadi admin bersyukur dapat pembicara seperti dia. Untuk kendala serius lainnya adalah antusiasme yang tidak sehebat proker pertama, ya mungkin karena waktu pelatihan yang kurang tepat atau banyak hal-hal lainnya. Seperti hal hal lainnya, masalah pasti ada tapi semua tergantung kita bagaimana menanggapinya. Dan Alhamdulillah dari semua kendala yang ada teman teman BPH bisa menanganinya.

 

 

 

 

 

 

          Saat acara berjalan, banyak peserta yang kepo gitu , jadi admin merasa senang karena ternyata materi Web Desain ini sangat menarik perhatian dari peserta. Sampai pada akhir acara, Semuanya berjalan lancer dan tidak ada kendala serius, sisanya tinggal beres beres ruangan dan peminjaman barang.Hikmah yang didapat dari ini, Kekompakan harus selalu dijaga demi kemajuan HIMASIS bersama.

          Sehabis belajar web desain, gak lama dari itu HIMASIS ada proker Kunjungan Pabrik 2018, tema untuk KUNBRIK kali ini Sinkronisasi Sistem Informasi di Industri. Yap. Sesuai temanya kita mengunjungi pabrik dan melihat serta mempelajari bagaimana system informasi yang berjalan di Perusahan Astra Daihatsu Motor, tempatnya di Sunter. Deket deh pokoknya dari Kampus Tercinta kita.

 

 

 

 

 

          Kendala Internal dan suka citanya banyak, yang paling susah sih mencari Pabrik yang bisa dikunjungi, karena pada saat itu waktunya kampus kampus lain juga kunbrik jadi kita harus gece sedikit gitu. Tapi berkat kerja keras divisi divisi yang ada , akhirnya kita di accept sama PT ADM. Selain itu kendala yang misal sewa menyewa bus yang harganya mahal, padahal kan deket dari kampus.. tapi setelah nego nego akhirnya harga bisa disesuaikan dengan harga kantong HIMASIS. Untuk kendala lainnya tidak terlalu besar dan dengan mudah dipecahkan oleh teman teman BPH Panitia KUNBRIK 2018. Saat acara berlangsung para panita dengan sigap mengerjakan job desknya masing masing sampai acara selesai, dan semuanya pun lancar. Oh iya Admin pengen kasih tau kalau proker ini ketuplaknya Fadhel Hasbullah Proker kali ini terbilang cukup menantang dan banyak resiko, tapi akhirnya semua bisa ditangani dengan kebersamaan dan kesungguhan anggota BPH semua.

          Gak lama sehabis jalan jalan dipabrik, HIMASIS ULTAH ! Selamat ya HIMASIS, semoga di ulang tahun kali ini semua cita-citanya semakin dekat dan tergapai, Aminn..  10 tahun lalu HIMASIS lahir pada tanggal 22 Juli. Pada Dies Natalies kali ini temanya adalah berbagi kepada sesama. Pada hari Minggu tanggal 22 Juli 2018 HIMASIS merayakan hari jadinya yang ke 10 bersama saudara/i kita di panti asuhan rumah piatu muslim. lokasinya berada di Jl.Kramat Raya No. 11, Kel. Kramat, Kec. Senen, Rt.4/Rw.2, Kramat, Senen, Kota Jakarta Pusat. Dengan berbagi Insya Allah diulang tahun ke 10 HIMASIS, semuanya makin membaik dan untuk HIMASIS sendiri lebih besar dan hebat dari sebelumnya, Aminn.

 

 

          Oh iya, untuk kendala dan suka citanya ada juga lloh. Yang paling pertama itu antusiasme dari panita BPH sendiri, karena menjelang libur semester makanya yang datang rapat sedikit, dan juga sulitnya mencari dana untuk proker berbagi kali ini, oh iya terus yang terakhir itu waktu yang terbatas karena mepet dengan acara seminar. Untuk masalah masalah yang disebutkan tadi, bener bener cobaan deh untuk ketuplak dan semua panitia yang terlibat, tapii hebatnya mereka ini bisa lloh melewati semua itu dengan “halus” dan “rapih” , kenapa admin bilang bgtu karena dengan solusi solusi seperti mencari sumbangan kesana kemari untuk proker  dll akhirnya masalah biaya bisa teratasi dan akhir acara dari bendahara proker ini SURPLUS. Gimana hebat kan BPH Panitia Dies Natalies HIMASIS Ke- 10 kali ini ? hahahha, nggak kok bukan bermaksud sombong. Maksud dari ini adalah bagaimana kita menghadapi masalah dengan berbagai cara agar semuanya tetap berjalan baik. Ketuplak dari Proker ini Deni Arbianto yang sudah luar biasa menjalankan amanahnya dan untuk akhir acara dan proker semuanya berjalan dengan baik dengan sedikit permasalahan seperti membawa barang barang dari Panti Asuhan ke kampus. Intinya kami senang bisa berbagi dengan sesama di hari dan tanggal yang spesial kali ini.

 

 

 

 

Nah, ini dia yang admin tunggu tunggu, Proker Seminar dari HIMASIS yaitu Seminar Technopreneurship dengan temanya yang up to date banget yaitu "Creative with Technology to become Enterpreneur". Bisa dibilang ini adalah salah satu boss besarnya Proker HIMASIS. Hampir seluruh BPH menjadi panitia untuk proker kali ini. Admin sendiri ada didivisi acara. Mantap deh pokoknya seminar kali ini, karena diakui oleh DPP kalau seminar ini sukses. Sebagai BPH admin sangat bangga dan senang Karena mendapat akuan dari DPP Senior. Dan untuk kendala dan suka citanya selama proker ini berjalan sebenernya banyak.

 

 

  

 

          Tapi yang jadi masalah besar Cuma satu yaitu Pembicaranya ! Susah  bener  lloh nyari pembicara yang ngetop dan bisa hadir diseminar kecil-kecilan dari HIMASIS ini. Untungnya divisi – divisi dari proker ini sangat bekerja kerja dari divisI Acara, Humas, sampai Logistik sekalipun, pokoknya semua terlibat dan berperan aktif. Dan tak diduga duga ternyata pembicara yang mau hadir luar biasa Kaspar Triebstok, Faizal Hermiansyah, dan Destya Danang Pradityo. Kalau temen temen penasaran siapa mereka cari aja di mbah gugel ya, Hehehe. Terus masalah lainnya adalah masalah tempat dan peralatan yang dibutuhkan, karena ini acara besar maka semuanya harus berjalan lancar dan “perfect”, oleh karena itu Wahyu selaku ketuplak dan semua panitia yang terlibat bekerja keras hingga malam hari, hari demi hari berlalu untuk rapat dan gradi bersih demi lancarnya Seminar Technopreneurship. Itu aja sih yang menurut admin paling greget dari semuanya, sisanya teman teman BPH kelelahan karena sudah bekerja keras dan rela meluangkan waktunya lebih banyak dengan HIMASIS. Hikmah dari ini adalah siapapun bisa kok buat sesuatu yang hebat dan bisa dibanggakan , tentu berkat usaha dan kerja serta kebersamaan teman teman BPH semua.

          Selang sekitar satu bulan dari Seminar Technopreneurship, Himasis ngadain proker Meet & Greet dengan tema "HIMASIS Feels Like Home". Lloh kok ada meet and greet lagi sih ? pasti kalian bingung ya ? ya inilah kita HIMASIS, sebisa mungkin berusaha lebih dekat dengan angkatan muda sesama jurusan Sistem Informasi Industri Otomotif. Kali ini meet and greetnya untuk mahasiswa angkatan 2018 yang baru masuk kemarin. Jadi.. bisa ketemu dede-dede emes , hehehe. Eh kok malah kesini sini, pokoknya meet & greet kali ini banyak manfaatnya deh buat semua pihak.

 

 

 

 

            Kendala dan suka citanya adalah gak ada. hehehe.  Ya karena sudah pernah menyukseskan acara meet and greet. Mungkin yang ada seperti masalah kecil contohnya angkut mengangkut barang dari kampus ke tempat meet and greet. Terus tempat untuk titik kumpul, dan yang pasti NGARET. Namun semua itu bukan masalah besar untuk Panitia BPH yang bertugas. Dan pada akhirnya acara pun berjalan baik dan selesai dengan baik serta tertib. Semuanya berkat kerja keras dan dedikasi kebersamaan anggota BPT HIMASIS. Hikmah dari proker kali ini adalah bagaimana terus mengeratkan antar anggota dan menjalin silaturahmi kepada adik adik tingkat dari jurusan SIIO.  Karena dengan ikatan yang solid, HIMASIS bisa lebih maju untuk kedepannya.

           Nah ini dia yang paling di tunggu,MUBES (Musyawarah Besar) adalah proker HIMASIS yang terakhir pada periode 2017/2018. Proker ini bertujuan untuk menetapkan dan mengesahkan AD(Anggaran Dasar) dan ART(Anggaran Rumah Tangga). Ada beberapa rangkaian kegiatan diantaranya adalah LPJ(lembar Pertanggung Jawaban). Dalam kegitan LPJ setiap divisi di minta hasil apa saja yang sudah tercapai selama satu tahun periode. Selain dari pada itu proker ini juga untuk menentukan Calon Ketua dan Wakil HIMASIS di periode selanjutnya. Ada satu momen yang membuat semuanya terharu,yaitu ketika pemutaran video singkat selama satu periode. di dalam video tersebut di tayangkan foto-foto kebersamaan,kekeluargaan dan solidaritas. Inti dari video tersebut adalah suka cita duka di lalui bersama apapun rintangannya. Pada Periode 2018/2019 pemimpinnya adalah saudara Muh.Fatchurozi sebagai ketua umum dan ..... sebagai wakil ketua umum HIMASIS. Dengan ini semoga pemimpin yang baru dapat membawa HIMASIS menjadi lebih baik lagi. Amiiiiin......

 

 

ketua dan wakil ketua umum

           

 

Kebersamaan kita selama ini tak ternilai harganya dan kenangan kita selama ini tak kan bisa tergantikan oleh apapun. kebersamaan itu indah saat di jalani dan indah saat kenangannya tersebut di ingat. kebersamaan akan lebih bermakna setelah kita merasa kehilangan dan kehilangan akan lebih bermakna ketika kita saling merindukan. Jadi sering-sering main bareng lah,minimal ngopi bareng-bareng.

          Sekian dari admin untuk artikel kali ini. Terimakasih dan Salam Perubahan !